Breaking News:

Google Assistant Luncurkan Mode Interpreter, Bisa Terjemahkan 27 Bahasa Secara Real-Time

Mode Interpreter terbaru pada Google Assistant dapat menerjamahkan bahasa Prancis, Spanyol, dan 25 bahasa lain dalam bentuk lisan ke bahasa Inggris.

kopitiambot.com
Ilustrasi Mode Interpreter pada Google Assistant 

TRIBUNTRAVEL.COM - Google Translate sepertinya harus minggir dulu.

Kini, mode Interpreter terbaru pada Google Assistant dapat menerjamahkan bahasa Prancis, Spanyol, dan 25 bahasa lain dalam bentuk lisan ke bahasa Inggris (dan sebaliknya) secara real time, menurut Gizmodo.

Dikutip TribunTravel.com dari laman mentalfloss.com, teknologi terbaru yang akan disertakan pada perangkat Google Assistant dan tampilan pihak ketiga, dapat menjadi perangkat universal yang dapat menginterpretasikan semua bahasa di dunia.

Perangkat semacam ini sebelumnya hanya bisa dilihat di film-film fiksi ilmiah, seperti Star Trek dan The Hitchhiker's Guide to the Galaxy.

(Google)

Saat percobaan, mode Interpreter baru digunakan di tiga hotel di New York, San Francisco, dan Las Vegas.

Selama demo di Caesar's Palace di Las Vegas, seorang karyawan Google mendekati petugas penjaga pintu hotel dan mengajukan pertanyaan dalam bahasa Jerman.

Pramutamu, yang dilengkapi dengan Google Home Hub, menggunakan perintah suara untuk meminta perangkat Google Assistant untuk masuk ke mode Interpreter.

Dari sana, keduanya dapat melakukan percakapan bolak-balik.

Meskipun ada satu kesalahan, teks yang diterjemahkan muncul pada layar pintar, telah memberikan petunjuk yang cukup sesuai dengan konteks untuk mencari tahu pesan yang dimaksud, menurut WIRED.

Reporter teknologi, Shannon Liao di The Verge mengujinya dengan bahasa Mandarin.

Dia menulis bahwa meskipun mode tersebut belum sempurna, itu masih bisa disebut sebagai "Peningkatan yang cukup besar dari ketidakmampuan memahami bahasa asing."

Salah satu keluhan umum adalah proses yang agak lambat, pengguna harus menunggu beberapa detik sampai mode Interpreter mengeluarkan hasil terjemahan.

Namun, manajer produk Google, Vincent Lacey, mengatakan kepada Mashable, mode Interpreter lebih cepat dan lebih canggih daripada Pixel Buds Google - ear buds yang menyediakan terjemahan real-time, tetapi hanya untuk orang yang memakainya.

Dengan mode Interpreter pada Google Assistant, semua pihak dalam percakapan akan dapat memahami hal-hal yang dikatakan.

Setelah fase uji coba di tiga hotel, mode Interpreter akan tersedia di semua perangkat Google Home serta tampilan cerdas pihak ketiga pada akhir bulan Januari 2019, juru bicara Google memberi tahu Mental Floss.

Mode ini juga akan diluncurkan ke pengeras suara dan ponsel pihak ketiga dalam waktu dekat, menurut Google.

Mode Interpreter mendukung bahasa-bahasa berikut: Arab, China (Mandarin), Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hindi, Hongaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Romania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki, Ukraina, dan Vietnam.

(TribunTravel.com/Rizki A. Tiara)

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved