Risiko Bagi Kesehatan Jika Makan Terlalu Cepat, Ada 5 Penyakit Berbahaya Mengintai!

Apakah Anda punya kebiasaan santap makan dengan cepat? Jika iya, hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang, meskipun Anda sedang terburu-buru.

Risiko Bagi Kesehatan Jika Makan Terlalu Cepat, Ada 5 Penyakit Berbahaya Mengintai!
http://undergroundhealthreporter.com
Ilustrasi orang makan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Apakah Anda punya kebiasaan santap makan dengan cepat? Jika iya, hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang, meskipun Anda sedang terburu-buru. Makan yang terlalu cepat dapat berisiko bagi kesehatan.

Para ahli kesehatan telah menyarankan, dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 menit untuk membangun pencernaan dan kontrol porsi yang tepat.

Inilah berbagai bahaya yang mengintai ketika makan terlalu cepat:

1. Diabetes

Sebuah penelitian di Lithuania pada tahun 2012 mencatat, makan terlalu cepat bisa menyebabkan diabetes.

Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh resistensi insulin, suatu kondisi di mana sel-sel dalam tubuh tidak merespons secara efektif terhadap hormon insulin.

"Ketika orang makan cepat, mereka sulit merasa kenyang dan lebih cenderung makan berlebihan. Makan terlalu cepat menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar, yang dapat menyebabkan resistensi insulin," kata Dr. Takayuki Yamaji, ahli jantung dari Universitas Hiroshima di Jepang, dilansir dari laman medicaldaily.

2. Tersedak

Saat Anda makan terlalu cepat, bukan tidak mungkin akan tersedak. Hal ini bisa terjadi tidak hanya pada orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak bila terlalu cepat menelan makanan dan tidak cukup mengunyahnya.

Bahkan, risiko tersedak makanan juga dapat dialami ketika Anda berbicara atau tertawa saat makan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Tags
Nakita.id
Editor: Sinta Agustina
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved