Breaking News:

Republik Palau Larang Wisatawan Pakai Tabir Surya Saat Berenang di Laut

Saat berenang di kolam renang atau pergi ke pantai, kita harus menggunakan krim tabir surya atau sunscreen ke seluruh tubuh secara merata.

Editor: Sinta Agustina
snorkelstore.net
ILUSTRASI snorkeling. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Saat berenang di kolam renang atau pergi ke pantai, kita harus menggunakan krim tabir surya atau sunscreen ke seluruh tubuh secara merata.

Penggunaan tabir surya ini bertujuan agar kulit tetap sehat dan terlindung dari panasnya sinar matahari.

Namun untukingin berlibur ke Republik Palau yang terletak di Samudra Pasifik, penggunaan krim tabir surya justru dilarang.

Pelarangan penggunaan krim tabir surya ini ternyata ada tujuannya, yaitu untuk melindungi terumbu karang yang ada di perairan Republik Palau.

Republik Palau dianggap sebagai salah satu tujuan menyelam terbaik di dunia.

Karena hal inilah, pada 2015 seluruh wilayah laut Palau masuk dalam zona perlindungan laut, dan pada 2016 Palau menandatangani perjanjian iklim di Paris.

Nah, rencananya pelarangan penggunaan, bahkan penjualan tabir surya ini akan mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2020 mendatang.

Untuk turis yang datang ke Palau dan ketahuan membawa tabir surya, akan disita oleh pihak Republik Palau.

Juru bicara presiden Republik Palau, Tommy Remengesau mengatakan kalau sudah ada bukti bahan kimia dari tabir surya sebagian besar beracun bagi terumbu karang, meskipun dalam dosis kecil.

Kandungan oxybenzone dan octinoxate yang ada dalam krim tabir surya ternyata yang berbahaya bagi terumbu karang.

Kedua bahan tadi mempunyai kemampuan untuk menyerap sinar ultraviolet atau UV yang membuat terumbu karang lebih rentan terkena pemutihan, nih.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada 2015 menunjukkan kalau oxybenzone bisa menghambat pertumbuhan terumbu karang dan mengurangi ketahanan karang terhadap perubahan iklim.

Seorang penyelam, John Fauth menyarankan untuk memakai baju khusus menyelam saat melakukan penyelaman, karena baju tersebut tidak berbahaya bagi terumbu karang.

Artikel ini telah dimuat di Bobo.grid.id dengan judul Jika Berenang di Negara Ini, Kita Dilarang Pakai Tabir Surya, Kenapa?

Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved