Batasi Turis Domestik, Tiket Masuk Taj Mahal Dinaikkan 500 Persen

Pemerintah India akan membatasi jumlah pengunjung lokal harian yang datang ke salah satu destinasi terkenal di India. Taj Mahal.

Batasi Turis Domestik, Tiket Masuk Taj Mahal Dinaikkan 500 Persen
unesco.org
Taj Mahal 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah India akan membatasi jumlah pengunjung lokal harian yang datang ke salah satu destinasi terkenal di India, Taj Mahal.

Taj Mahal sebagai bangunan ikonik India yang sudah berdiri sejak abad 17 itu selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk India, ditambah dengan mudahnya akses menuju ke Taj Mahal.

Diketahui, wisatawan dalam negeri yang mengunjungi Taj Mahal selalu meningkat setiap tahunnya, hal tersebut dikarenakan perjalanan menuju Taj Mahal sudah mempunyai akses yang mudah.

Diketahui setiap harinya ada sekitar rata-rata 10 ribu hingga 15 ribu wisatawan domestik yang mengunjungi masjid yang terbuat dari marmer berwarna putih tersebut.

Pada akhir pekan, pengunjung bisa melebihi jumlah tersebut.

Pangeran William dan Kate Middleton sempat berfoto di depan Taj Mahal.
Pangeran William dan Kate Middleton sempat berfoto di depan Taj Mahal. (justjared.com)

Menurut data pemerintah, pada tahun 2016 ada hampir 6,5 juta pengunjung lokal yang mendatangi Taj Mahal yang berlokasi di tepi selatan Sungai Yamuna itu.

Dengan angka sebesar itu, tentunya dapat merugikan Taj Mahal itu sendiri.

Para ahli mengatakan bahwa dengan kerumunan yang sangat besar seperti itu maka akan terjadi keausan pada makam marmer putih di Taj Mahal.

Sehingga satu hal yang harus dilakukan adalah dibersihkan secara teratur untuk mencegahnya menjadi kuning.

Alur lalu lintas datang dan henti pengunjung dalam jumlah besar yang datang ke Taj Mahal tentunya dapat memberikan tekanan pada fondasi Taj Mahal itu sendiri, sehingga diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Wahid Nurdin
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved