Munculnya Suara Mendengung di Langit Pantura Jawa Tengah Bingungkan Warga, Ini Penjelasan Tim BMKG

Munculnya suara aneh di seputaran wilayah Pekalongan sempat memunculkan tanda tanya pada Jumat (14/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.15 WIB.

Munculnya Suara Mendengung di Langit Pantura Jawa Tengah Bingungkan Warga, Ini Penjelasan Tim BMKG
Pixabay
ILUSTRASI: Munculnya suara aneh di seputaran wilayah Pekalongan sempat memunculkan tanda tanya pada Jumat (14/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.15 WIB. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Munculnya suara aneh di seputaran wilayah Pekalongan sempat memunculkan tanda tanya pada Jumat (14/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.15 WIB.

Ada yang mendengar sepeti suara dengungan, beberapa lainnya mengaku mendengar gemuruh atau gelegar, juga didengar hingga di beberapa daerah lain di pantai utara Jawa Tengah, hingga Kendal dan sebagian wilayah di Kota Semarang.

Menurut Ilman Navian (25), warga Kota Pekalongan, suara aneh tersebut seperti suara pesawat.

"Seperti suara pesawat atau helikopter. Suaranya sangat dekat dengan rumah, saya kira ada pesawat yang terbang rendah," katanya kepada Dikutip Tribunjogja.com dari Tribunjateng.com.

Menurut Ilman, suara dengungan tersebut ia dengar sekitar satu menit.

Kemudian mulai hilang perlahan-lahan.

"Setelah mendengar suara dengungan tersebut, saya langsung cek ke media sosial."

"Ternyata sudah ramai, banyak yang bertanya suara dengungan tersebut suara apa. Hingga sekarang saya tidak tahu itu suara apa," jelasnya.

ILUSTRASI:  Munculnya suara aneh di seputaran wilayah Pekalongan sempat memunculkan tanda tanya pada Jumat (14/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.15 WIB.
ILUSTRASI: Munculnya suara aneh di seputaran wilayah Pekalongan sempat memunculkan tanda tanya pada Jumat (14/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.15 WIB. (Pixabay)

Terpisah, Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Semarang yang menaungi wilayah Jateng menyatakan sudah melakukan diskusi mengenai munculnya suara dengungan tersebut

"Hasil diskusi kami bersama tim, kemungkinan besar suara dengungan dari pesawat. Mungkin bisa diteruskan ke pihak Airnav atau Bandara Ahmad Yani tentang pesawat yang melintas saat itu di wilayah Pekalongan dan sekitarnya," terang Kepala Stasiun Klimatologi klas I BMKG Semarang, Tuban Wiyoso.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved