Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Semarakkan Langit Malam Jelang Natal, Komet 46p/Wirtanen Jadi yang Paling Terang Tahun 2018

Komet 46P/Wirtanen berada pada posisi paling terang dan dekat dengan Bumi pada 16 Desember 2018, itu juga dijuluki Christmas Comet atau Komet Natal.

Scott McNeill via earthsky.org
Komet 46P/Wirtanen tertangkap kamera Scott McNeill di Frosty Drew Observatory, Charlestown, Rhode Island, Amerika Serikat. Komet berwarna kehijauan itu terlihat di dekat Pleiades atau Seven Sisters pada 10 Desember 2018 lalu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Hari raya Natal datang kurang dari dua minggu lagi.

Tampaknya, sukacita Natal tak hanya dirayakan oleh umat Kristiani di dunia, tetapi langit juga akan menambah semarak malam Natal.

Yakni, dengan datangnya Christmas Comet atau Komet Natal.

Dikutip TribunTravel.com dari laman Travel and Leisure, Christmas Comet atau Komet Natal adalah komet dengan ukuran 1,2 kilometer yang akan melintasi Bumi 'hanya' dari jarak 12 juta kilometer pada Minggu (16/12/2018) nanti.

Jarak itu sekitar 30 kali jarak antara Bumi dan Bulan, serta menjadi jarak paling dekat yang pernah ditempuh sebuah komet saat melintasi Bumi.

Meski begitu, komet ini tidak berbahaya.

Baca Juga:

Christmas Comet atau Komet Natal ini sejatinya dikenal dengan nama 46P/Wirtanen di kalangan para astronom.

Komet 46P/Wirtanen disebut komet periode pendek karena memasuki tata surya untuk mengorbit matahari setiap lima setengah tahun.

Bandingkan dengan Komet Halley yang hanya muncul di tata surya setiap 88 tahun.

Pertama kali ditemukan pada 1948 oleh astronom Amerika, Carl Wirtanen di Lick Observatory di Mount Hamilton dekat San Jose, California, komet 46P/Wirtanen akan membuat pendekatan ke Bumi paling terang dan dekat selama 20 tahun ke depan.

Komet 46P/Wirtanen tertangkap kamera Scott McNeill di Frosty Drew Observatory, Charlestown, Rhode Island, Amerika Serikat. Komet itu terlihat di dekat Pleiades atau Seven Sisters pada 10 Desember 2018 lalu.
Komet 46P/Wirtanen tertangkap kamera Scott McNeill di Frosty Drew Observatory, Charlestown, Rhode Island, Amerika Serikat. Komet itu terlihat di dekat Pleiades atau Seven Sisters pada 10 Desember 2018 lalu. (earthsky.org)

Baru-baru ini ditampilkan di Astronomy Picture of the Day NASA, Comet 46P/Wirtanen menjadi komet paling terang di langit malam dan diperkirakan cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang selama musim liburan Natal.

Meskipun sudah terlihat oleh teleskop dan teropong kuat selama beberapa minggu, Komet Natal alias 46P/Wirtanen akan menjadi paling terang dan paling mudah ditemukan, pada 16 Desember 2018.

Itu karena pada tanggal itu, komet 46P/Wirtanen mencapai apa yang disebut para astronom dengan istilah 'perihelion', titik terdekat dengan matahari.

Sehingga komet 46P/Wirtanen mendapat jumlah sinar matahari maksimum yang terefleksikan dari komet itu.

Jumlah ini dapat mencapai magnitudo visual +4 atau bahkan +3, yang berarti akan mudah dilihat oleh mata telanjang.

Tampak dari foto yang beredar, komet 46P/Wirtanen ini memiliki rona warna kehijauan.

Mengutip laman infoastronomy.org, komet 46P/Wirtanen yang akan membuat langit liburan Natal semakin semarak ini dapat dilihat di arah rasi bintang Taurus.

Tentu, pengamatan komet 46P/Wirtanen ini akan semakin mudah jika tempatmu bercuaca cerah dan bebas polusi cahaya.

(TribunTravel.com/Rizki A. Tiara)

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved