Tiket Masuk Lokasi Taman Nasional Komodo untuk Wisman Naik dari Rp 200 Ribu Menjadi 500 Dolar AS

Harga tiket masuk ke lokasi Taman Nasional Komodo untuk wisatawan mancanegara (wisman) rencana nya akan naik dari Rp 200 ribu menjadi 500 dolar.

Tiket Masuk Lokasi Taman Nasional Komodo untuk Wisman Naik dari Rp 200 Ribu Menjadi 500 Dolar AS
staticflickr.com
Taman Nasional Komodo 

TRIBUNTRAVEL.COM - Harga tiket masuk ke lokasi Taman Nasional Komodo untuk wisatawan mancanegara (wisman) rencana nya akan naik dari Rp 200 ribu menjadi 500 dolar atau setara dengan Rp 7 juta.

Ketua Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Marius Jelamu mengatakan bahwa kenaikan harga tiket tersebut masuk akal karena hewan dan komodo di Taman Komodo memiliki peran yang besar bagi ilmu pengetahuan.

Marius mengungkapkan bahwa komodo memberikan gambaran kepada kita tentang sejarah dan proses geologi, antropologi, filologi, sejarah dan perkembangan hewan selama ribuan tahun.

Dengan ada nya komodo, para ilmuwan dari berbagai negara berkunjung untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkhusus sejarah purba, flora fauna dan perkembangannya.

Komodo
Komodo (discoverykomodoadventure.com)

Tidak hanya berperan untuk ilmu pengetahuan, Taman Nasional Komodo juga mempunyai lanskap pemandangan yang sangat eksotis, sehingga kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo dipandang cukup layak.

Sementara itu, dilansir dari Pos Kupang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan wisatawan asing yang merasa tiket Taman Nasional Komodo terlalu mahal sebaiknya tidak usah datang.

Naiknya harga tiket masuk Taman Nasional Komodo ini juga bertujuan untuk menambah penghasilan daerah dan negara, terkhusus masyarakat Manggarai Barat yang sudah hidup dengan komodo seumur hidup mereka.

Pulau komodo
Pulau komodo (dok.Heny Farida)

Viktor mengatakan bahwa Taman Nasional Komodo itu luar biasa eksotis dan satu-satunya di dunia karena memiliki komodo, sehingga tidak semua orang bisa datang dan masuk ke dalam taman nasional.

Marius mengungkapkan bahwa terasa aneh bila ada wisatawan asing yang merasa harga tiket masuk Taman Nasional Komodo terlalu mahal.

Hal itu dikarenakan banyak kapal pesiar yang selalu datang dengan bayaran ratusan juta, sehingga harga tikut masuk sebesar 500 dolar tidak terlalu berat untuk menikmati keindahan Pulau Komodo.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved