Akibat Gempa, 3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Masih Terputus

Pascagempa, pendakian ke Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya bisa dilakukan melalui jalur pendakian Aik Berik.

Akibat Gempa, 3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Masih Terputus
YouTube
Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pascagempa, pendakian ke Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya bisa dilakukan melalui jalur pendakian Aik Berik sejak Senin (19/11/2018).

Sementara tiga jalur pendakian Gunung Rinjani lainnya masih ditutup.

Diantaranya yaitu jalur pendakian Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, jalur pendakian di Senaru, Kabupaten Lombok Utara, dan Torean.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono mengatakan ketiga jalur pendakian tersebut kondisinya masih lumpuh.

“Jalur lainnya ini betul-betul rusak, sumber air juga tidak ditemukan, padahal air itu sangat perlu. Karena kalau tidak ada air sangat berisiko dan takut dehidrasi,” kata Sudiyono saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (24/11/2018).

Ia melanjutkan, seperti halnya jalur pendakian Senaru, sebelum sampai danau, medan yang terjal yang ada di sana kondisinya dipenuhi bebatuan pascagempa.

Kemudian tangga-tangga yang semula terdapat pegangan untuk para pendaki, kini pegangan itu sudah tak ada lagi, dan terdapat beberapa retakan.

Lalu untuk jalur pendakian Sembalun masih terputus akibat longsor yang terjadi.

Bahkan sumber air pun tertutup tanah yang longsor tersebut.

Sementara di jalur pendakian Torean, terdapat 12 titik longsor dan retakan tanah.

Sudiyono menyebutkan, jalur pendakian Sembalun, Senaru dan Torean belum dapat dibuka untuk pendakian karena kondisi jalur pendakian yang belum aman.

Melihat hal tersebut, Sudiyono belum dapat memastikan kapan tiga jalur pendakian Gunung Rinjani ini bisa dibuka kembali.

“Kita nunggu stabilitas tanah, nanti setelah musim hujan selesai. Nanti baru kita lakukan evaluasi dan survei dengan melibatkan pihak-pihak terkait,” kata dia.

Terakhir, dia mengimbau para pengunjung yang akan mendaki bisa masuk mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tiga Jalur Pendakian Gunung Rinjani Masih Terputus.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved