Bandara Baru di Istanbul Telah Diresmikan, Bakal Jadi Bandara Terbesar di Dunia?

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin (29/10/2018) meresmikan bandara internasional terbaru di Istanbul.

Bandara Baru di Istanbul Telah Diresmikan, Bakal Jadi Bandara Terbesar di Dunia?
Egypt Independent
Istanbul New Airport 

TRIBUNTRAVEL.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin (29/10/2018) meresmikan bandara internasional terbaru di Istanbul, yang diklaim bakal menjadi bandara terbesar di dunia.

Bandara tersebut merupakan salah satu dari sejumlah mega proyek di bawah pemerintahan Erdogan, yang dijadwalkan dibuka secara penuh pada Senin.

Namun, konstruksinya diliputi berbagai penundaan dan protes pekerja karena kondisi yang buruk.

Erdogan memperjuangkan proyek senilai 12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 182,7 triliun untuk membuat Istanbul sebagai hub perjalanan yang menghubungkan Eropa, Asia, dan Afrika, termasuk menargetkan maskapai berbendera Turki sebagai raksasa penerbangan global.

Melansir AFP, namun bandara hanya menawarkan penerbangan ke lima wilayah tujuan sampai pembukaan lebih lanjut pada 29 Desember mendatang.

Bandara itu diperkirakan akan melayani hingga 90 juta penumpang setiap tahunnya, dan akan meningkat hingga 200 juta penumpang saat semua fasilitas selesai dibangun pada 2028.

Jumlah itu hampir dua kali lipat dari bandara paling sibuk di dunia, Hartsfield-Jackson di kota Atlanta, Amerika Serikat.

Penerbangan pertama di bandara yang belum diberi nama ini akan melayani tujuan Ankara pada Kamis mendatang.

Erdogan diperkirakan akan mengungkapkan nama bandara tersebut dalam upacara pemotongan pita pada pukul 16.00 waktu setempat, yang juga akan dihadiri Emir Qatar Sheikh Tamin bin Hamad al-Thabi dan Presiden Sudan Omar al-Bashir.

Nantinya, bandara akan menggantikan peran Bandara Ataturk Istanbul yang menua.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved