Situs Megalitikum Gunung Padang Mulai Ditata Tahun Depan, Ini Strategi Ridwan Kamil

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan melakukan konservasi Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Situs Megalitikum Gunung Padang Mulai Ditata Tahun Depan, Ini Strategi Ridwan Kamil
KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT - KRISTIANTO PURNOMO
Situs megalit Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 30 Mei 2014. Tim Riset Mandiri Gunung Padang mengungkapkan bahwa situs dibangun oleh empat kebudayaan berbeda, yang tertua diperkirakan mencapai umur 10.000 tahun. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan melakukan konservasi Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui akun instagramnya menyampaikan bahwa mulai tahun depan proses penataan dan konservasi Situs Megalitikum Gunung Padang akan dilakukan.

Menurutnya Situs Megalitikum Gunung Padang menjadi bukti tingginya peradaban Sunda kuno pada masa lalu.

Pria yang familiar disapa Kang Emil ini tidak rela jika kawasan ini semakin rusak akibat terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan.

Mengutip Tribun Jabar, Kang Emil sebelumnya memang merasa ilfil saat melihat kondisi situs terlebih kawasan sakralnya justru 'dikuasai' pedagang.

unungan di kawasan Cianjur, Jawa Barat, Jumat (15/3/2013). Gunung padang merupakan situs prasejarah peninggalan Megalitikum yang berupa punden berundak yang terdiri dari susunan batuan andesit yang umurnya diperkirakan jauh lebih tua dari pada piramida mesir sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.
unungan di kawasan Cianjur, Jawa Barat, Jumat (15/3/2013). Gunung padang merupakan situs prasejarah peninggalan Megalitikum yang berupa punden berundak yang terdiri dari susunan batuan andesit yang umurnya diperkirakan jauh lebih tua dari pada piramida mesir sekitar 10.000 tahun sebelum masehi. (KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO)

"Saya ke sana naik kemarin capek, ternyata di atas ada tukang mi rebus dengan tenda birunya. Antara berharap klimaks, mengharapkan pemandangan bagus, jadi ilfil. Karena yang namanya pedagang mah di mana ada keramaian, tapi kan enggak bisa begitu. Ini karena enggak ada panduan penataan," katanya.

Emil mengaku khawatir jika dibiarkan berlarut-larut, potensi situs megalitikum dunia ini akan tercemari oleh perilaku komersial dan wisatawan yang tidak semestinya.

Strategi

Untuk menata dan konservasi Situs Megalitikum Gunung Padang, Ridwan Kamil memiliki beberapa strategi mewujudkannya.

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Kompas.com/Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani)

Pertama adalah membuat pariwisata tipe satu dengan memperbaiki akses infrastruktur.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Wahid Nurdin
Editor: Wahid Nurdin
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved