Breaking News:

Black Box Lion Air Ditemukan, Kenapa Kotak Hitam Pesawat Bisa Bertahan dari Kondisi Ekstrem?

Black box atau Kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Perairan Karawang akhirnya berhasil ditemukan pada Kamis (1/11/2018).

Editor: Rizky Tyas Febriani
BEA | EPA via Dailymail
black box kedua (Flight Data Recorder) pesawat germanwings yang mengalami kecelakaan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Black box atau Kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Perairan Karawang akhirnya berhasil ditemukan pada Kamis (1/11/2018).

Kotak hitam ini menyimpan data-data penting yang bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi ketika pesawat nahas itu mengalami kecelakaan.

Kotak Hitam Lion Air JT-610 Diangkat Penyelam Intai Amfibi
Kotak Hitam Lion Air JT-610 Diangkat Penyelam Intai Amfibi (KompasTV)

Kotak hitam tersebut menyimpan rekaman data penerbangan yang tersimpan pada Flight Data Recorder (FDR) dan merekam percakapan dalam kokpit dalam Cockpit Voice Recorder (CVR).

Lantaran perannya yang sangat penting, kotak hitam ini seperti halnya perengkat yang memang dibuat untuk bisa bertahan dalam berbagai kondisi ekstrem.

Kotak hitam ini termasuk sebagai unit memori yang mampu bertahan dalam berbagai kondisi atau crash-survivable memory units (CSMU). Biasanya, sisa sasis perekam dan komponen bagian dalam mengalami kerusakan jika terjadi kecelakaan yang sangat ekstrem.

kondisi black box kedua (Flight Data Recorder) pesawat germanwings
kondisi black box berisi Flight Data Recorder milik Pesawat German Wings yang mengalami kecelakaan (BEA | EPA via Dailymail)

Tapi CSMU biasanya mampu bertahan. Ini merupakan silinder besar yang melesat ke bagian perekam yang rata. Perangkat ini dirancang untuk tahan panas yang ekstrim, benturan keras dan dan tekanan ekstrem.

Komponen kotak hitam
Komponen kotak hitam (IST)

Dalam perekam magnetic-tape yang lebih tua, CSMU berada di dalam kotak persegi panjang.

Adapun kotak hitam ini terdiri atas tiga lapisan bahan, CSMU dalam kotak hitam solid-state melindungi tumpukan papan memori yang menyimpan data digital.

Ini merupakan urutan pelindung kotak hitam dimulai dari lapisan terluar :

Komponen kotak hitam
Komponen kotak hitam (IST)

1. Cangkang aluminium - Ada lapisan tipis aluminium di sekeliling tumpukan kartu memori.

2. Insulasi suhu tinggi - Bahan kering-silika ini setebal 1 inci (2,54 cm) dan memberikan perlindungan suhu tinggi. Inilah yang membuat papan memori aman selama kebakaran pasca-kecelakaan.

3. Cangkang stainless-steel - Material insulasi suhu tinggi terkandung dalam cangkang baja anti karat yang tebal sekitar 0,25 inci (0,64 cm). Titanium dapat digunakan untuk membuat armor luar ini juga.

Info grafis kotak hitam.
Info grafis kotak hitam. (Tribun Jogja/Tim Grafis)

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved