Genjot Pariwisata, Pemkab Purbalingga Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Destinasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga membentuk Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Pariwisata.

Genjot Pariwisata, Pemkab Purbalingga Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Destinasi
Tribuntravel.com

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga membentuk Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Pariwisata.

Tim ini bertujuan untuk memaksimalkan pariwisata yang memiliki potensi yang menjanjikan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purbalingga Drs Widiyono, M.Si mengatakan pembentukan tim ini atas dorongan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah membentuk tim serupa di tingkat provinsi.

“Kabupaten Purbalingga juga menindaklanjuti dengan pembentukan tim karena destinasi pariwisata Purbalingga masuk dalam wilayah target percepatan pengembangan destinasi wisata di Jateng.” Kata Widiyono, Kamis (4/10) sore.

Widiyono juga menambahkan ruang lingkup percepatan pengembangan pariwisata ini meliputi peningkatan kualitas, aksebilitas, sarana dan prasarana serta fasilitas umum di Purbalingga.

Tidak hanya itu, Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Pariwisata juga melakukan pemberdayaan kepada masyarakat di bidang kepariwisataan, ekonomi kreatif dan pengembangan investasi di bidang pariwisata.

Tim yang akan dibentuk meliputi lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) mulai dari Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar), Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Bagian Perekonomian Setda dan manajemen PD Owabong.

Dalam kesempatan yang sama, kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan dalam dokumen Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Jateng Tahun 2012 – 2027 yang tertuang dalam Perda Prov Jateng nomor 10 tahun 2012, wilayah Purbalingga masuk dalam KPPP (Kawasan Pengembangan Pariwisata Provinsi) Purbalingga dan sekitarnya.

Dokumen tesebut juga sejalan dengan Perda Purbalingga nomor 11 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Purbalingga tahun 2015 – 2025.

“Dalam rencana tersebut, pengembangan yang dilakukan meliputi pengembangan destinasi, pemasaran, industri dan kelembagaan pariwisata, keempat komponen inilah yang nantinya akan digarap oleh Tim Percepatan Pengembangan destinasi wisata,” kata Prayitno.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved