Breaking News:

Menengok Keindahan Air Terjun Blasinga di Bali yang Dulu Sempat Menjadi Tempat Pembuangan Sampah

Blangsinga Waterfall di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, sebuah objek pariwisata tukad (sungai), yang saat ini digandrungi.

Instagram
Air terjun Blangsinga 

TRIBUNTRAVEL.COM - Blangsinga Waterfall di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, sebuah objek pariwisata tukad (sungai), yang saat ini digandrungi wisatawan.

Bahkan, objek wisata yang merupakan bagian dari sungai bersejarah, Tukad Petanu ini berhasil menyedot 500 wisatawan per harinya.

Pendapatan per bulan dari retribusi tiket masuk mencapai Rp 60 juta.

Dana tersebut kemudian dibagi dua yakni Rp 30 juta ke banjar atau Desa Pakraman Blangsinga, dan sisanya untuk pengelolaan destinasi pariwisata ini.

Berdasarkan data dihimpun Tribun Bali, Kamis (30/8/2018), di balik kesuksesan destinasi pariwisata tukad ini, ada sejumlah fakta memprihatinkan yang terjadi sebelum destinasi ini terkenal.

5 Es Krim Teraneh di Dunia, Ada yang Tawarkan Rasa Ekor Harimau sampai Daging Kuda Mentah

Sebelum 2016, tepatnya di kawasan yang saat ini menjadi lahan parkir pengunjung, merupakan tempat pembuangan sampah warga banjar maupun sampah upakara.

Padahal saat ini, sejumlah wisatawan sudah melirik lokasi ini lantaran berada di atas air terjun terkenal yakni Air Terjun Tegenungan.

Lantaran terlalu banyaknya sampah yang mengotori tempat ini, para pemandu pariwisata enggan mengajak wisatawannya ke sini.

Bercermin dari kondisi tersebut, sejumlah warga Banjar Blangsinga, yakni I Made Suanta, Ketut Anggur, Nyoman Kolok, I Ketut Sudarpa, dan Ngurah Jes yang bekerja di dunia pariwisata, bahu membahu melakukan permbersihan kawasan tersebut.

guz_kevinz
instagram.com/guz_kevinz

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Praha Tawarkan Arsitektur Gothic yang Menakjubkan

Bahkan saat membersihkan sampah-sampah tersebut, mereka tidak dibayar sepeserpun.

Tujuan mereka hanya satu, menjadikan banjarnya sebagai tujuan wisata yang nyaman dan bersih.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Tags:
GianyarBali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved