Pertama Kali ke Taman Nasional Komodo? Ini Lho 3 Lokasi Selam Rekomendasi Koordinator Diving

Kawasan Taman Nasional (TN) Komodo memang tidak hanya terkenal dengan binatang langka penunggu pulau-pulau di sana, tetapi juga "surga bawah lautnya".

Pertama Kali ke Taman Nasional Komodo? Ini Lho 3 Lokasi Selam Rekomendasi Koordinator Diving
INSTAGRAM/explorefloresindonesia
Pulau Padar, Kabupaten Manggarai, NTT dan menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kawasan Taman Nasional (TN) Komodo memang tidak hanya terkenal dengan binatang langka penunggu pulau-pulau di sana, tetapi juga "surga bawah lautnya" yang luar biasa.

"Kita ada 27 titik selam, tapi yang kita publish hanya 19 aja, dan yang favorit ada sekitar delapan," kata Yitno, Kordinator Diving yang juga Polisi Hutan, TN Komodo kepada KompasTravel di sela perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018, di Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/8/2018).

Kedelapan titik selam tersebut favorit karena memiliki kemudahan penyelaman diantara yang lain, juga lokasi yang lebih mudah dijangkau dari pulau-pulau besar TN Komodo.

Bagi wisatawan yang pertama kali ke TN Komodo untuk diving atau snorkeling, Yitno merekomendasikan tiga titik selam favorit yang wajib dikunjungi pertama kali.

1. Karang Makasar

Titik selam ini memiliki kedalaman 10-30 meter, dengan biota yang amat beragam baik karang maupun ikan-ikan.

Salah satu titik yang paling favorit karena kemungkinan berjumpa dengan manta sangat besar.

"Kalau di sini renangnya berarus, tapi kita nggak lawan arus, jadi snorkeling pun ngikut arus aja, nggak deras," katanya kepada KompasTravel di stan pameran TN Komodo.

Ikan yang bisa wisatawan temukan di sini ada reef manta, pari mobula, pari elang, hiu bambu, hiu karang, bumphead, dan ikan hias lainnya.

"Bumphead bisa ditemui mudah di pinggiran saja sekitar 10 meter," ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved