Breaking News:

Demi Keamanan, Ini Hal-hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dicantumkan pada Tag Bagasi

Luggage tag atau tag bagasi adalah satu benda yang dapat mengamankan tas/koper untuk tetap kembali kepada pemiliknya saat keluar dari sabuk konveyor.

maidinchinadesign.com
Tag Bagasi 

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Rizki A Tiara

TRIBUNTRAVEL.COM - Traveler yang kerap menggunakan moda transportasi udara pasti tahu pentingnya luggage tag atau tag bagasi.

Luggage tag atau tag bagasi adalah satu benda yang dapat mengamankan tas atau koper untuk tetap kembali kepada pemiliknya saat keluar dari sabuk konveyor.

Pada tag bagasi tertera beberapa informasi dari pemilik tas atau koper.

Namun, melihat kondisi traveler yang berada di bandara sebagai tempat umum di mana, tentu informasi yang ditulis bukan informasi sembarangan.

Pertanyaannya, apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dituliskan pada tag bagasi?

Dikutip TribunTravel.com dari Travel and Leisure, informasi yang tertera pada tag bagasi dapat membantu tas atau koper yang hilang pada pemiliknya.

Tag bagasi harus mencantumkan nama pemilik, alamat e-mail, dan nomor telepon atau ponsel.

Tag bagasi
Tag bagasi (thegadgetflow.com)

Lalu, bagaimana dengan informasi alamat pemilik?

Sebenarnya masalah mencantumkan alamat pemilik pada tag bagasi pun masih jadi perdebatan.

Menurut USA Today, "Jika kamu tidak menuliskan alamat rumah pada tag bagasi, hal ini akan mengurangi risiko rumahmu menjadi sasaran perampokan atau pencurian saat kamu sedang pergi."

Namun, sebaiknya menuliskan alamat destinasi yang kamu tuju pada tag bagasi saat penerbangan ke luar menjadi solusi yang lebih baik.

Hanya saja, tuliskan alamat destinasi ini pada secarik kertas yang diselipkan bersama kartu utama pada tag bagasi.

Sementara, jika kamu khawatir koper atau tas hilang pada saat penerbangan kembali, lebih baik cantumkan alamat pekerjaan, bukan alamat rumah.

Ketika traveling ke luar negeri, sebisa mungkin hindari tag yang disertai bendera negara yang dapat menunjukkan asal negaramu.

Juga, belilah tag bagasi yang disertai pelindung/cover, sehingga informasi yang ada tidak dengan mudah dilihat oleh orang lain di dekatmu.

Terakhir, sebagai cadangan, buat draft e-mail yang menyertakan foto tas atau bagasimu beserta dimensi ukuran dan informasi kontak (nomor telepon atau alamat kantor) yang dapat diteruskan kepada maskapai penerbangan jika bagasimu hilang.

Namun, seiring perkembangan teknologi, perdebatan mengenai informasi apa saja yang ditulis pada tag bagasi tak lagi jadi masalah.

Ada juga tag bagasi digital yang menyediakan cara yang jauh lebih aman untuk melacak tas dan koper, serta memudahkan staf bandara untuk memindai informasi pribadi.

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved