Turis Asal Ceko Ditemukan Tewas Setelah Diserang Hiu di Laut Merah

Jenazah seorang pria ditemukan dalam keadaan tidak utuh di perairan Laut Merah, lepas pantai Mesir, Jumat (3/8/2018).

Turis Asal Ceko Ditemukan Tewas Setelah Diserang Hiu di Laut Merah
CNN.com
Ilustrasi. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Jenazah seorang pria ditemukan dalam keadaan tidak utuh di perairan Laut Merah, lepas pantai Mesir, Jumat (3/8/2018).

Jenazah tersebut diidentifikasi sebagai seorang turis asal Ceko yang tewas akibat serangan hiu.

"Pria itu meninggal di utara kota Marsa Alam, sekitar 20 kilometer, diduga karena serangan hiu," kata Ketua Dewan Kota Jenderal Atef Wagdy kepada AFP, Minggu (5/8/2018).

Ditambahkan Wagdy, Kementerian Lingkungan Hidup telah membentuk komite untuk menyelidiki penyebab pasti kematian korban dan akan segera mengeluarkan laporan resmi.

Sementara pihak Kementerian Kesehatan kini tengah berkoordinasi dengan kedutaan Ceko di Mesir penyerahan jenazah korban.

Meski telah terjadi serangan hiu, Wagdy meyakinkan bahwa menyelam di Marsa Alam masih aman untuk dilakukan selama tidak berenang di perairan di luar karang.

"Tidak ada masalah dalam menyelam di sekitar Marsa Alam, tapi terkadang orang-orang berenang di permukaan di laut dalam di luar karang akan rentan untuk diserang," kata Wagdy.

Media Ceko melaporkan, korban, yang tidak diungkapkan identitasnya, berusia 41 tahun dan tengah berlibur bersama dengan istri dan anaknya.

Melansir dari AFP, serangan hiu yang menewaskan turis terakhir terjadi pada 2015 dengan korban warga Jerman. 

Terburuk pada tahun 2010, saat terjadi enam serangan hiu, termasuk lima kali terjadi dalam lima hari berturut-turut pada perairan yang sangar dekat dengan pantai.

Meski demikian Marsa Alam tetap banyak menarik turis yang ingin merasakan penyelaman menjelajahi karang dan kehidupan laut lainnya, termasuk ikan dan hiu.

Pada 2017, Mesir kedatangan hingga 8,3 juta wisatawan.

Jumlah tersebut melonjak 54 persen dari 5,4 juta pada 2016.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Diserang Hiu Saat Berenang di Laut Merah, Turis asal Ceko Ditemukan Tewas.

Ikuti kami di
Tags
Laut Merah
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved