Kampung Kitiran Disiapkan Jadi Daya Tarik Wisata di Purbalingga, Bisa Selfi hingga Tracking Jeep

Dipilihnya kitiran sebagai ikon wisata karena kampung yang berada hanya 900 meter dari jalur wana wisata Baturraden-Serang ini anginnya cukup kencang

Kampung Kitiran Disiapkan Jadi Daya Tarik Wisata di Purbalingga, Bisa Selfi hingga Tracking Jeep
TribunJateng
Kampung Kitiran, Purbalingga, Jawa Tengah 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pegiat wisata di Dusun Lipakgombong, Desa Karangjengkol, Kecamatan Kutasari bersama Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, menyiapkan daya tarik wisata Kampung Kitiran.

Dipilihnya kitiran sebagai ikon wisata karena kampung yang berada hanya 900 meter dari jalur wana wisata Baturraden – Serang ini anginnya cukup kencang.

Setidaknya, saat ini sudah lebih dari 60 kitiran bambu berukuran besar dipasang.

Bunyi putaran bambu dari kitiran itu seolah mengundang pengunjung untuk datang dan menikmati udara yang sejuk di kampung yang berpenduduk 60 kepala keluarga (KK) itu.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si disela-sela melakukan diskusi dengan pegiat wisata setempat, Rabu (1/8) mengungkapkan, kampung kitiran ini hanya sebagai ikon utama.

Namun, sejatinya di lokasi lahan milik Pemkab seluas kurang lebih 10 hektar itu sudah disiapkan berbagai daya tarik.

Daya tarik yang sudah ada berupa arena menara selfi, jalur offroad sepeda motor, jalur tracking Jeep, arena jogging jalan setapak, camping ground dan juga dilengkapi dengan dua buah curug.

“Dua buah curug masing-masing Tembelang dan curug Talangmas berada di areal Perhutani yang berjarak sekitar 800 meter dari lokasi tanah Pemkab yang dimanfaatkan warga. Kami juga telah berkoordinasi dengan petugas Perhutani untuk memanfaatkan curug itu sebagai destinasi wisata,” kata Prayitno.

Dikatakan Prayitno, dipilihnya kitiran dari bambu sebagai ikon wisata di kampung itu karena banyak warga setempat yang pintar membuat kitiran.

Kitiran biasanya dibuat untuk mengusir burung di persawahan, namun di kampung Lipakgombong tidak ada persawahan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved