Lebih dari 11 Ribu Jemaah Haji Indonesia Berangkat ke Arab Saudi Lewat 5 Bandara Angkasa Pura II

Lebih dari 11.000 jamaah haji telah berangkat dari bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II.

Lebih dari 11 Ribu Jemaah Haji Indonesia Berangkat ke Arab Saudi Lewat 5 Bandara Angkasa Pura II
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Seorang jemaah haji sujud syukur saat tiba di Bandara Depati Amir, Pangkalan Baru, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (24/9/2016). Sebanyak 299 jamaah haji asal Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) enam tiba di bandara itu setelah menunaikan ibadah haji di Mekkah. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (APII) Muhammad Awaluddin menyatakan, lebih dari 11.000 jamaah haji telah berangkat dari bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II.

Para jamaah haji tersebut berangkat melalui beberapa bandara APII yang menjadi embarkasi haji seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Minangkabau (PDG), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

“Selama periode 17 hingga 22 Juli 2018, kami telah melayani sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon jamaah haji melalui lima bandara AP II yang menjadi embarkasi haji,” ujar Awaluddin di Kantor AirAsia, Tangerang, Selasa (24/7/2018).

Lebih lanjut Awaluddin menyampaikan bahwa AP II akan menerbangkan calon jamaah haji dengan total 170 kloter dari 5 embarkasi.

Adapun jumlah masing-masing kloter dari Jakarta (CGK) sejumlah 101 kloter, Padang (PDG) sejumlah 16 kloter, Palembang (PLM) akan menerbangkan 19 kloter, Aceh (BTJ) sebanyak 12 kloter, embarkasi Medan (KNO) sebanyak 22 kloter.

Layanan imigrasi khusus Pada penyelenggaraan penerbangan jamaah haji tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan fasilitas baru keimigrasian berupa pre-clearance immigration dari Pemerintah Arab Saudi untuk verifikasi data dan stempel visa sebelum terbang ke Jeddah.

Hal tersebut akan mempermudah calon jamaah asal Indonesia sehingga tidak perlu lagi melakukan immigration clearance ketika masuk Arab Saudi.

Verifikasi data dan stempel visa ini ini berlokasi di holding room di area kedatangan Sub-Terminal 2 E.

“Angkasa Pura II terus berupaya agar pelaksanaan angkutan haji berjalan lancar. Seluruh fasilitas yang ada di bandara AP II telah disiapkan dalam menyambut penyelenggaraan haji tahun ini. Kami berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar, aman, dan nyaman,” kata Awaluddin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Belasan Ribu Jamaah Haji Berangkat Lewat 5 Bandara Angkasa Pura II.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved