Suhu Rata-rata Bumi Meningkat, Hewan Berbulu Putih Menggemaskan Ini Kini Diambang Kepunahan

National Oceanic and Atmospheric Administration menandai April 2018 sebagai bulan ke-400 yang berurutan di mana suhu Bumi berada di atas rata-rata.

Suhu Rata-rata Bumi Meningkat, Hewan Berbulu Putih Menggemaskan Ini Kini Diambang Kepunahan
eFoto.lt
Musang putih 

TRIBUNTRAVEL.COM - Hewan-hewan berbulu putih yang tinggal di antara salju mungkin sebentar lagi hanya tinggal dongeng saja.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menandai April 2018 lalu sebagai bulan ke-400 yang berurutan di mana suhu Bumi berada di atas rata-rata.

Hal ini sangat berdampak bagi makhluk hidup di Bumi.

Seiring suhu yang terus meningkat, semakin banyak pula salju yang akan mencair.

Semakin sedikit salju berarti hewan berbulu putih yang bergantung pada salju untuk berkamuflase tidak lagi memiliki tempat bersembunyi.

Dengan kata lain, mereka akan lebih mudah ditemukan dan diburu oleh para predator.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada hari Kamis (24/5/2018) di Scientific Reports, tim peneliti dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia menunjukkan studi mereka terhadap musang putih yang tinggal di hutan Bialowieza, Polandia.

Peneliti mencatat, musang yang dikenal dengan nama Mustela nivalis ini jumlahnya makin menurun seiring dengan berkurangnya salju.

"Sangat mungkin bahwa dalam waktu dekat, musang putih dan cerpelai akan hilang sepenuhnya dari banyak daerah di Eropa Utara dan Amerika Utara," kata Karol Zub, PhD, peneliti dalam studi ini.

"Mereka akan tergantikan perlahan dengan musang coklat atau mereka akan berevolusi menjadi setengah berbulu putih misalnya," tambahnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved