Gunung Semeru Kembali Dibuka Mulai 4 April, Pendakian Hanya Sampai Kalimati

Pendakian Gunung Semeru kembali di buka per 4 April 2018 mendatang. Sebelumnya pendakian Gunung Semeru ditutup selama tiga bulan.

Gunung Semeru Kembali Dibuka Mulai 4 April, Pendakian Hanya Sampai Kalimati
Tribun Travel/Sinta Agustina
Puncak Mahameru dilihat dari Kalimati. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pendakian Gunung Semeru kembali di buka per 4 April 2018 mendatang.

Sebelumnya pendakian Gunung Semeru ditutup selama tiga bulan.

Pembukaan pendakian ini tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), nomor PG.153/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2018.

Gunung Semeru sempat ditutup guna pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Dilansir dari akun Instagram @tnbromotenggersemeru pembukaan tersebut juga hasil rapat koordinasi pembukaan Gunung Semeru tahun 2018 di Warung Apung Pondok Asri, Kabupaten Lumajang.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Besar TNBTS beserta staf, Kapolsek Senduro, Danramil Senduro, Kodim 0821 Lumajang, Dinas Kesehatan Kab. Lumajang, Basarnas, PVMBG Gn. sawur,BPBP Kab. Lumajang, Disparbud Kab.Lumajang, Puskesmas Senduro, Polres Lumajang, Danramil Pasrujambe, Kapolsek Pasrujambe, Camat Senduro dan Pasrujambe, Sahabat Volunteer Semeru, Kades Ranupani serta Paguyuban Porter,jip dan Parkir Ranupani.

Dengan rapat ini memutuskan jalur pendakian Gunung Semeru dibuka untuk kegiatan wisata minat khusus pada tanggal 4 April 2018.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan cuaca dan iklim di sekitar TNBTS sudah cukup kondusif untuk aktivitas pendakian.

"Juga untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat Ranu Pane kembali. Setelah tiga bulan ditutup, Ranu Pane jadi 'kota mati'," tuturnya seperti dilansir dari KompasTravel, Sabtu (31/3/2018).

"Untuk kuota (pendakian) masih 600 (orang) per hari dan pendaftaran via booking online," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Arif Setyabudi Santoso
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved