Breaking News:

Pernikahan Kahiyang Ayu Anak Jokowi

H-4 Pernikahan Kahiyang-Bobby, Inilah 21 Fakta di Balik Resepsi Nikah Putri Jokowi

Menjadi satu di antara gelaran besar se-Nusantara, ternyata ada fakta-fakta unik di balik pernikahan Kahiyang Ayu-Muhammad Afif Bobby Nasution.

Instagram
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta Kahiyang dan calon menantu, Bobby Nasution. 

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Rizkianingtyas Tiarasari

TRIBUNTRAVEL.COM - Kurang dari satu minggu lagi atau tepatnya, empat hari lagi, Joko Widodo menggelar hajatan pernikahan putri keduanya, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Afif Bobby Nasution.

Pernikahan yang nanti digelar di Gedung Graha Saba Buwana, Rabu (8/11/2017).

Menjadi satu di antara gelaran besar se-Nusantara, ternyata ada fakta-fakta unik di balik pernikahan keduanya.

Mulai dari perihal tentang saksi nikah, pemilihan hari, hingga suvenir resepsi.

Untuk itu, TribunTravel.com telah merangkum fakta-fakta tentang pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby.

1. Kahiyang dan Bobby merupakan satu di antara kisah-kisah cinta yang bersemi di kampus dan berlanjut ke pelaminan.

Keduanya bertemu di Institut Pertanian Bogor.

2. Presiden Joko Widodo tak akan mengambil cuti selama persiapan pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

3. Saksi pernikahan pihak Kahiyang Ayu adalah Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, dan yang dari pihak Muhammad Bobby Afif Nasution, Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

4. Foto pra-nikah Kahiyang dan Bobby pamerkan keelokan Nusantara.

Yakni di Candi Borobudur, Hotel Hyatt Regency Yogyakarta dengan latar siluet Gunung Merapi dan taman tropis, Nusa Penida Bali, dan Taman Sari Yogyakarta.

5. Diperkirakan, ada 2.000 relawan Pro-Jokowi asal Jakarta dan Jawa Tengah yang akan menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

6. Pernikahan keduanya menggunakan adat Jawa dan Tapanuli Selatan, tapi pernikahan di Solo akan menggunakan adat Jawa lengkap.

7. Menggunakan desain dekorasi yang lebih "njawani" dan menampilkan gamelan sebagai hiburan.

8. Pengrawit atau pemain gamelan pengiring pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dipilih dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah.

9. Dalam pernikahan Kahiyang dan Bobby, perias pengantin senior di Kota Solo, Endang Sri Sundari atau dikenal dengan HS Sumaryono, untuk merias pengantin laki-laki dan perempuan.

Khususnya, ada lima orang perias yang ditugaskan untuk merias keluarga, besan, dan kerabat dekat.

10. Perias pengantin melakukan ritual khusus sebelum merias putri Presiden Jokowi.

Satu di antaranya adalah puasa pada hari Senin dan Kamis agar saat merias keduanya berjalan lancar.

11. Joko Widodo mengundang sejumlah pelawak ke pernikahan putrinya, termasuk Tarzan, Cak Lontong, Akbar, Jarwo Kwat, Sule, dan Indro Warkop.

12. Ada 50 pengayuh becak di Solo untuk mengantar tamu undangan pernikahan putri Presiden Jokowi.

13. Jelang pernikahan Kahiyang, sejumlah warga Solo mengadakan aksi unik di Jalan KS Tubun di kawasan Manahan, Kecamatan Banjarsari.

Yakni berjalan kaki dan menaiki becak sembari membawa poster bertuliskan "Pernikahan 'Bhinneka Tunggal Ika'" dan "Selamat Menempuh Hidup Baru Mbak Kahiyang dan RM Bobby Nasution", serta "Horas! Selamat Pak Jokowi dapat Marga 'Jokowi Nasution'".

14. Ada delapan kereta kuda yang ditarik dengan 16 ekor kuda untuk mengantar Kahiyang Ayu dan Muhammad Afif Bobby Nasution ke pelaminan di Gedung Graha Saba Buana Solo.

15. Ada 13 titik yang menjadi prioritas pengamanan selama prosesi pernikahan.

16. Ada 5.453 personel gabungan dari Kodam IV/Diponegoro, TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angakatan Laut (AL), dan Kepolisian Daerah (Polda) Jateng untuk menjaga keamanan prosesi.

17. Prosesi siraman Kahiyang Ayu, berlangsung di rumah pribadi Jokowi di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah dan menggunakan air dari tujuh sumber mata air yang berbeda.

18. Muhammad Afif Bobby Nasution mengikuti tradisi siraman di hotel bintang lima Alila Kota Solo.

19. Satu di antara jenis suvenir pernikahan Kahiyang adalah suvenir kaca perhiasan berbentuk segi empat ukuran 4 x 10 cm dan segi enam 12 x 11 cm dengan motif walet, dedaunan, bunga, serta kaca flora yang dipesan dari UKM Sangaji Art Glass.

20. Ada enam acara penting yang digelar dalam prosesi pernikahan Kahiyang dan Bobby, mulai dari siraman pengantin putri, siraman pengantin putra, midodareni, akad nikah dan ijab qobul, panggih, dan terakhir resepsi pernikahan.

21. Seorang warga Pati ditangkap polisi akibat 'memanfaatkan' momen pernikahan Kahiyang dan Bobby.

Ia melakukan penipuan sejumlah pengusaha rumah makan di Kota Solo dengan mengaku sebagai anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan memesan makanan untuk pernikahan putri Presiden Joko Widodo.

Ikuti kami di
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Sri Juliati
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved