Libur Panjang Tahun Baru Islam, PT KAI Daop 1 Operasikan 15 Kereta Tambahan

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 mengoperasikan 15 kereta api tambahan saat libur panjang Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

Libur Panjang Tahun Baru Islam, PT KAI Daop 1 Operasikan 15 Kereta Tambahan
WARTA KOTA/Henry Lopulalan
Suasana arus balik mudik Lebaran di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Minggu (10/7/2016). 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 mengoperasikan 15 kereta api (KA) tambahan dalam rangka mengantisipasi peningkatan penumpang saat libur panjang Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

Kereta-kereta api tambahan tersebut terdiri dari 12 KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan 3 KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"KA-KA tersebut akan dioperasikan di antara tanggal 20 sampai dengan 25 September 2017, dengan operasional yang sudah ditentukan tanggalnya. Kelimabelas KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain; Cirebon (3 KA), Bandung (6 KA), Surabaya (2 KA), Yogyakarta (2 KA), serta Solo (2 KA)," kata Senior Manager Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi 1, Suprapto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Rabu (20/9/2017) malam.

Menurut Suprapto, minat masyarakat yang tinggi dalam menggunakan moda transportasi KA terlihat dari mulai terjual tiket KA rata-rata di atas 95 persen di tanggal-tanggal favorit yakni 20 sampai dengan 22 September 2017.

Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 13.00 WIB, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan.

"KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Rabu (20/9) yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Purwojaya tujuan Cilacap, serta KA Argo Parahyangan tujuan Bandung," ujar Suprapto.

"Sedangkan untuk KA keberangkatan hari Kamis (21/9) KA Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, KA Bima dan KA Gajayana tujuan Malang, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Tegal Ekspres tujuan Tegal, serta KA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon pemberangkatan pagi – sore. Sementara KA seperti Argo Parahyangan, Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari tujuan Cirebon dan Tegal pemberangkatan malam hari masih tersisa, itupun hanya rata-rata 20 - 25 persen saja," tambahnya.

Untuk KA keberangkatan Stasiun Pasarsenen dengan keberangkatan hari Rabu (20/9) semua KA sudah mencapai 100 persen.

Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Kamis (21/9), tinggal KA Menoreh tujuan Semarang Tawang yang tersisa tiketnya.

"Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan online tikecting. Pengguna jasa KA bisa melihat langsung ketersediaan tempat duduk melalui website resmi PT KAI di tiket.kai.id atau melalui chanel-chanel eksternal," tambah Prapto.

Berita ini telah dimuat di Kompas.com dengan judul Libur Tahun Baru Islam, PT KAI Operasikan 15 Kereta Tambahan.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved