Ramadan 2017

Memasuki Bulan Puasa, Pedagang Kurma di Pasar Jatinegara Panen Rezeki

Bulan Ramadan menjadi bulan pembawa rezeki bagi sebagian pedagang khususnya pedagang kurma ataupun kolang-kaling.

Memasuki Bulan Puasa, Pedagang Kurma di Pasar Jatinegara Panen Rezeki
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Pedagang buah kurma melayani pembeli di Kawasan Tanahabang, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2013). 

TRIBUNTRAVEL.COM - "Berbukalah dengan yang manis," pernyataan itulah yang membuat sebagian umat Muslim menjadikan kurma sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Tak heran jika bulan Ramadan menjadi bulan pembawa rezeki bagi sebagian pedagang khususnya pedagang kurma ataupun kolang-kaling.

Hal ini diakui pula pula olah Eti (50) pedagang Kurma di Pasar Jatinegara, ‎Jakarta Timur. Saat ditemui di lapaknya, Eti tengah sibuk menjual kurma.

Jika hari-hari biasa Eti hanya berjualan seorang diri, berbeda selama puasa, Eti harus dibantu dengan anak dan dua pekerjanya.

Perempuan paruh baya yang sudah belasan tahun berjualan kurma di Pasar Jatinegara ini mengakui sejak awal Mei, penjualan kurma mulai meningkat hingga selama Ramadan.

"Sejak awal bulan sudah banyak yang beli, biasanya pembeli terus meningkat di bulan puasa. Kalau jualan kurma yang ramai ya hanya saat pergi haji dan puasa. Di luar itu, sepi pembeli," ujar Eti kepada Tribunnews, Rabu (31/5/2017).

Eti menjelaskan dirinya menjajakan kurma dengan beragam varian dan harga. Baik Kurma kering maupun kurma ‎basah dijual mulai harga Rp 30-500 ribu per kilonya.

"Yang paling murah itu kurma Mesir, Rp 30 ribu per kilo. Kalau kurma Mekkah, ‎kurma Nabi itu bisa sampai Rp 300-500 ribu per kilo," tuturnya.

Eti menambahkan sejauh ini yang paling laris diburu pembeli ialah kurma Tunisia karena rasanya yang manis.

Per kilo, Kurma Tunisia dijual Rp 60 ribu.

Selain menjual per kilo, Eti juga menjual kurma secara eceran, minimal seperempat ataupun kurma yang sudah di-pack di dalam kerdus kecil.

Berita ini telah dimuat di Tribunnews pada Rabu (31/5/2017) dengan judul Pedagang Kurma Pasar Jatinegara Panen Rezeki.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved