Breaking News:

Arus Deras Sungai Selabung di OKU Selatan, Surganya Penggila Rafting di Sumatera Selatan

Dengan kondisi alam yang demikian, tidak sulit mencari lokasi wisata yang memacu adrenalin. Sungai Selabung misalnya.

Editor: Sinta Agustina
Sriwijaya Post/Setia Budi
Sungai Selabung 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Setia Budi

TRIBUNTRAVEL.COM - Topografi daerah berbukit dan banyak terdapat lembah, membawa berkah tersendiri bagi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan kondisi alam yang demikian, tidak sulit mencari lokasi wisata yang memacu adrenalin. Sungai Selabung misalnya.

Arus deras sungai yang terhubung dengan objek wisata terkenal Danau Ranau ini menjadi surga bagi para penggila rafting.

Di masyarakat setempat, objek wisata ini lebih populer dengan sebutan "Ranau Rafting".

Lokasinya terbentang dari Kecamatan Banding Agung hingga Kecamatan Mekakau Ilir. Hanya beberapa menit saja dari kawasan objek wisata Danau Ranau.

Nah, untuk para wisatawan yang hendak berkunjung menikmati sejuknya hawa alam di kawasan ini, serta menguji adrenalin di arus sungai yang selalu jernih, harus menempuh jarak sekitar 340 Km dari Palembang atau sekitar 9 jam dengan kendaraan darat.

Sedangkan dari pusat Kota Muaradua, hanya berjarak 55 Km atau sekitar 1,5 jam perjalan dengan melintasi jalan provinsi yang dihiasi perbukitan yang sangat sejuk.

Tempat ini sangat cocok untuk dan memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang hendak merefresh dan menghilangkan penat pada akhir pekan, libur hari besar atau hari biasa.

Di lokasi lintasan rafting, wisatawan dimanjakan jernihnya air Sungai Selabung yang berwarna biru kehijauan.

Di sana juga masih terdapat pepohonan yang masih alami dan terdapat juga hamparan persawahan serta deretan pohon kelapa yang tinggi menjulang.

Asyiknya lagi, di lintasan ini terdapat lumpang sungai yang dilintasi sedalam 4-6 meter dengan panjang mencapi ratusan meter.

Jika sewaktu-waktu wisatawan ingin beristirahat di lokasi lintasan ini, terdapat pemukiman penduduk, juga bisa memesan buah kelapa segar dari mereka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan, Bahdozen Hanan, menuturkan, wisata danau rafting tersebut tidak dimiliki daerah lain. Sebab, objek wisata ini mempunyai ciri khas tersendiri, selain arusnya deras, kondisi airnya jernih dan tampak biru kehijauan.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved