Breaking News:

Masjid Istiqlal - Diarsiteki Lulusan STM, Inilah 12 Fakta Menarik Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Satu bangunan paling populer di Jakarta sekaligus jadi satu kebanggaan umat Islam di Indonesia, adalah Masjid Istiqlal. Ini dia faktanya.

Editor: Sri Juliati
visit all over the world
Masjid Istiqlal yang merupakan satu bangunan paling populer di Jakarta sekaligus jadi satu kebanggaan umat Islam di Indonesia. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Satu bangunan paling populer di Jakarta sekaligus jadi satu kebanggaan umat Islam di Indonesia, adalah Masjid Istiqlal.

Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum.

Masjid yang berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru ini juga menjadi satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta.

Nah, berikut TribunTravel.com rangkumkan beberapa fakta menarik terkait Masjid Istiqlal, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masjid Istiqlal dibangun sebagai ungkapan sekaligus wujud rasa syukur bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Oleh karena itu, masjid tersebut dinamakan Istiqlal yang dalam bahasa Arab berarti Merdeka.

2. KH Wahid Hasyim yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia jadi pencetus ide.

Bersama H Anwar Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam, ayah dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh Islam di Deca Park, sebuah gedung pertemuan di Jalan Merdeka Utara.

Pertemuan dipimpin oleh KH Taufiqurrahman, yang membahas rencana pembangunan masjid.

Gedung pertemuan yang bersebelahan dengan Istana Merdeka itu, kini tinggal sejarah.

Deca Park dan beberapa gedung lainnya tergusur saat proyek pembangunan Monumen Nasional (Monas) dimulai.

3. Usulan itu disampaikan pada Presiden Soekarno dan mulailah peletakan batu pertama pembangunan Masjid Istiqlal oleh Bung Karno, pada 24 Agustus 1951.

6. Karena situasi politik Indonesia yang tak menentu, pembangunan masjid yang terletak di bekas Taman Wilhelmina di Timur Laut Lapangan Monas ini baru dimulai lagi pada 24 Agustus 1961.

7. Pada 22 Februari 1978, masjid terbesar di Asia Tenggara dan Asia Timur itu selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Artinya, pembangunannya memakan waktu 27 tahun.

Peresmian masjid ditandai dengan prasasti yang dipasang di area tangga pintu As-Salam.

8. Masjid Istiqlal memiliki bangunan utama yang dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang oleh 12 tiang besar.

Masjid ini memiliki menara tunggal yang menjulang tinggi setinggi 96,66 meter di sudut selatan selasar masjid.

9. Berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com, biaya pembangunan diperoleh terutama dari APBN sebesar Rp 7 miliar dan 12 jut dolar AS.

10. Nah uniknya, masjid yang mampu menampung hingga 200 ribu jemaah ini diarsiteki Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan, asal Sumatera Utara.

11. Silaban hanya tamatan STM lahir di Bonandolok, Sumatera Utara, 16 Desember 1912.

12. Informasi dari Wikipedia menyebutkan, bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar.

Masjid Istiqlal memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja anti-karat. (Warta Kota/Suprapto)

Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved