Breaking News:

Suaka Margasatwa Barumun - Harimau Sumatera Tinggal 400 Ekor, Ini Upaya Penyelamatannya

Spesies harimau Sumatera dan gajah terancam punah. Oleh sebab itu ada upaya penyelamatan dan pengembangbiakan

TribunPekanbaru/MelvinasPriananda
Petugas Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum (BPPH) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah II Riau memperlihatkan barang bukti kulit harimau usai menggagalkan upaya perdagangan kulit harimau Sumatera di Pekanbaru, Riau, Kamis (29/9/2016). Kulit harimau tersebut rencananya akan dijual orang yang disinyalir merupakan bagian dari perdagangan satwa liar kepada pembeli seharga 80 juta rupiah. Jumlah harimau Sumatera di alam liar semakin menyusut hingga kisaran 400an ekor saja 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUNTRAVEL.COM, MEDAN - Sekawanan gajah datang mendekati kerumunan pengunjung kawasan Suaka Marga Satwa Barumun.

Mamalia raksasa itu tetap tenang dan sibuk mencari penganan yang disediakan untuk mereka di suaka marga satwa yang terletak di Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Kunjungan kawanan gajah ini mewarnai peresmian Tiger Sanctuary dan KPHK Barumun, Rabu (20/11/2016) lalu.

Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Hendroyono serta sejumlah pejabat dan dan tokoh masyarakat hadir pada acara di Kabupaten Padang Lawas ini.

Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun seluas kurang lebih 36.261 hektar telah ditetapkan menjadi kesatuan pengelolaan hutan konservasi (KPHK) sejak september 2015 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Untuk mendukung pengelolaan KPHK Barumun tersebut, suaka marga satwa ini dikembangkan menjadi Tiger Sanctuary, pusat rehabilitasi harimau Sumatera.

Program ini merupakan kerjasama yang digagas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumut.

Programnya juga didukung kerjasama Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatera, Konsorsium Barumun, Balai Taman Nasional Batang Gadis dan Pemda Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal dan Tapanuli.


Tribun Medan/Silfa Humairah
Kawanan gajah mendekati pengunjung peresmian KPHK Barumun dan Tiger Sanctuary di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, Rabu (20/11/2016) lalu

"Kawasan ini merupakan satu dari 22 landscape Pulau Sumatra yang menjadi habitat penting bagi satwa harimau Sumatera," kata Bambang Hendroyono.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Vovo Susatio
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved