Breaking News:

Zaini Abdullah - Hanya Provinsi Ini yang Beri Cuti Melahirkan hingga 6 Bulan

Sudah bukan informasi baru, Swedia memberikan jatah cuti selama 16 bulan bagi wanita yang baru saja melahirkan. Bagaimana dengan Indonesia?

Editor: Sri Juliati
shutterstock
Illustrasi. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sudah bukan informasi baru, Swedia memberikan jatah cuti selama 16 bulan bagi wanita yang baru saja melahirkan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Agaknya, masih jauh panggang dari api.

Namun, bukan berarti tidak ada, guys.

Terobosan baru justru digagas oleh Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah.

Orang nomor satu di provinsi paling barat Indonesia itu mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 49 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

Nah, dalam satu pasal dalam Pergub yang diteken pada 12 Agustus 2016 itu, ditegaskan, cuti melahirkan bagi pekerja perempuan diberikan selama 180 hari alias enam bulan setelah waktu melahirkan!

Tak hanya itu, sang suami juga dapat jatah cuti yaitu selama sepekan sebelum sang istri melahirkan dan sepekan sesudahnya.

Zaini bilang, tanpa cuti melahirkan dalam waktu yang memadai, sulit bagi seorang pekerja untuk memberikan ASI eksklusif.

"Sebagian besar waktu tersita untuk pekerjaan kantor," kata dia seperti dilansir TribunTravel.com dari Serambi Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif mengatakan, hal ini merupakan satu terobosan di bidang kesehatan.

"Tidak ada provinsi lain di Indonesia yang memberikan cuti setelah melahirkan hingga enam bulan lamanya," kata dia.

Ia menjelaskan, Permenkes dan beberapa peraturan lain pada skala nasional juga menyarankan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan.

Sayangnya, tidak ada ‘dispensasi’ cuti selama enam bulan setelah melahirkan.

Dikatakan Hanif, selama ini PNS hanya dapat cuti tiga bulan, yakni satu bulan sebelum melahirkan dan dua bulan setelah melahirkan.

"Sekarang totalnya menjadi tujuh bulan, yakni satu bulan sebelum melahirkan, ditambah enam bulan setelah melahirkan," kata Hanif.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved