Breaking News:

Pendakian Gunung Gede Pangrango - Punya Rencana 17-an di Sini, Siap-siap Gigit Jari

Selama sebulan lebih, kamu tidak bisa melangkahkan kaki ke gunung yang berada di Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi ini.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Sri Juliati
Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memantau tempat kejadian kebakaran yakni Lembah Suryakencana, Gunung Gede, Jawa Barat. 

TRIBUNTRAVEL.COM- Punya rencana merayakan Hari Kemerdekaan di puncak Gunung Gede-Pangrango?

Siap-siap saja gigit jari.

Balai Besar Gunung Gede Pangrango menutup jalur pendakian mulai Senin (1/8/2016) hari ini hingga Kamis (31/7/2016) mendatang.

Artinya, selama sebulan lebih, kamu tidak melangkahkan kaki ke gunung yang berada di Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi ini.

"Penutupan ini berlaku di tiga pintu yang jadi akses masuk ke Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango atau TNGGP yaitu Pintu Cibodas, Pintu Gunung Putri dan Pintu Selabintana," kata Kepala Seksi Wilayah 1 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Ardi Andono seperti dikutip TribunTravel.com dari Kompas.com, Senin (1/8/2016).

Namun tenang, kamu tetap bisa menikmati beberapa wisata di kawasan Gunung Gede seperti air terjun Cibeureum di Cibodas, Curug Cibeureum di Selabintana, Situ Gunung di Sukabumi, dan obyek wisata.


TRIBUNTRAVEL.COM/SRI JULIATI

Ardi menambahkan, penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango bertujuan memberikan kesempatan kepada flora dan fauna di sepanjang jalur pendakian untuk pemulihan kondisi.

Selain itu, pihak Balai Besar TNGGP juga akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana selama bulan Agustus.

Penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango dilakukan berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP Nomor: SE.1249/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/05/2016.

Surat tersebut diterbitkan pada 29 Juni 2016 dan ditandatangi oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Suyatno Sukandar.

Sebelumnya, penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango juga dilakukan pada tanggal 1-10 Juli 2016.

Penutupan pendakian dilakukan lantaran keterbatasan jumlah petugas untuk mengamankan kawasan, evakuasi pendaki jika terkena hipotermia, kecelakaan, dan sakit jelang Idulfitri lalu.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan satu taman nasional yang dekat dengan Jakarta.

Di taman nasional ini, pengunjung dapat mendaki dua gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. (Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo)

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved