Camilan Momiji Tempura ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan saat Liburan ke Osaka

Tempura adalah sajian gorengan yang berasal dari Jepang yang terkenal di berbagai penjuru dunia.

Camilan Momiji Tempura ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan saat Liburan ke Osaka
ig/baitoeyzii
Momiji Tempura, kuliner unik dari Kota Minoh, Prefektur Osaka, Jepang 

TRIBUNTRAVEL.COM - Tempura adalah sajian gorengan yang berasal dari Jepang yang terkenal di berbagai penjuru dunia.

Biasanya, Tempura dinikmati dengan saus yang disebut tentsuyu, lalu ditambahkan parutan lobak atau jahe yang kadang dijadikan lauk di atas nasi, udon atau soba.

Cara pembuatan tempura pun sangat mudah dengan bahan-bahan yang beragam seperti sayuran atau makanan laut seperti cumi-cumi, udang dan kerang.

Di Kota Minoh, Prefektur Osaka ada satu sajian tempura yang unik karena terbuat dari lembaran daun Maple yang juga disebut dengan Momiji.

Dilansir dari laman atlasobscura.com, penduduk Kota Minoh biasa memetik daun maple muda dari pohon, kemudian daun maple muda tersebut diasinkan selama satu tahun.

Setelah itu,setiap lembaran daun maple muda yang sudah diasinkan selama satu tahun tersebut digoreng selama 20 menit.

Daun maple berguguran tak hanya menginspirasi seni puisi atau lukisan, tetapi juga makanan.

Meskipun sudah diasinkan selama satu tahun, rasa asli daun maple muda tersebut ternyata tidak terlalu berubah sehingga banyak penjaja Momoji Tempura mengolah daun maple tersebut dengan dilapisi tepung manis.

Momiji Tempura yang dilapisi pelapis tepung manis yang lebih kering dan renyah dibandingkan tempura udang atau seafood lainnya.

Sementara itu Momiji Tempura atau juga disebut dengan tempura daun maple juga ditambah dengan biji wijen untuk memperkuat rasa.

Pertama kalinya, Momiji Tempura ini dijual untuk umum pada tahun 1910 setelah stasiun kereta api di dekat air terjun yang paling populer di Kota Minoh dibuka.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Osaka dapat mencari tempura daun maple untuk dicicipi dan juga tentunya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Garam yang digunakan untuk mengawetkan daun maple muda ini menjadikan camilan Momiji Tempura menjadi awet selama satu tahun.

Tempura daun mapple menjadi simbol dari Kota Minoh, dan sulit ditemukan di kawasan lain di Jepang, sehingga bila kamu berkunjung ke Kota Minoh di Osaka, Jepang, jangan lupa mencicipi tempura daun maple.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved