Mengenal Jenang Lempuyangan, Jenang Legendaris Dengan Rasa yang Tidak Diragukan Lagi

Jenang Lempuyangan yang sudah terkenal dengan kelezatannya tersebut dilanjutkan oleh generasi ke tiga yakni Bu Gesti, perempuan yang sudah berusia 52

Mengenal Jenang Lempuyangan, Jenang Legendaris Dengan Rasa yang Tidak Diragukan Lagi
Instagram/jogjafoodhunter
7 Jajanan Kaki Lima di Yogyakarta yang Enak, Murah dan Lezat dan Wajib Kamu Cicipi 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kuliner Yogyakarta yang terkenal tidak hanya gudeg dan bakpia, namun masih ada beberapa kuliner yang sudah legendaris ada di Yogyakarta.

Salah satunya adalah Jenang Lempuyangan yang sudah ada sejak tahun 1950.

Sangking lamanya, saat ini Jenang Lempuyangan yang sudah terkenal dengan kelezatannya tersebut dilanjutkan oleh generasi ke tiga yakni Bu Gesti, perempuan yang sudah berusia 52 tahun.

Ada beberapa jenis jenang yang bisa kamu coba di sini seperti jenang candil yang terbuat dari beras ketan dan gula jawa, jenang sumsum yang terbuat dari tepung beras.

Tidak hanya itu ada juga jenang mutiara yang terbuat dari tepung kanji dengan butiran warna merah muda.

Beberapa jenis jenang ini, memang disajikan tersendiri, kamu juga bisa membuat jenang sesuai dengan seleramu yang biasanya disebut jenang campur.

Karena kelezatannya Jenang Lempuyangan pun sudah memiliki banyak pelanggan hingga beberapa orang nomor satu di Indonesia seperti (Alm) Soeharto dan Ibu Megawati.

Tribun Jogja melansirkan bahwa pada masa orde baru, Pak Harto sering sekali membeli jenang di sini, jenang yang sering di pesan adalah Jenang Candil dan Jenang Campur.

Karena menjadi satu penganan favorit Pak harto, Jenang Lempuyangan juga dikenal oleh masyaraka sekitar dengan sebutan Jenang Pak Harto.

Tidak hanya Pak Harto, Sultan Hamengku Buwono X dan juga mantan Presiden Megawati juga cukup sering membeli jenang ini ketika beliau sedang berada di Kota Jogjakarta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved