Berlibur ke Semarang, Jangan Lupa Nikmati Tahu Pong, Camilan Khas Semarang yang Renyah dan Gurih

Tahu Pong adalah camilan khas Semarang yang harus kamu coba ketika sedang berlibur atau berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Berlibur ke Semarang, Jangan Lupa Nikmati Tahu Pong, Camilan Khas Semarang yang Renyah dan Gurih
Instagram/gideonmartenruhukail
Tahu Pong, Camilan Renyah dan Gurih Khas Semarang 

TRIBUNTRAVEL.COM - Tahu Pong adalah camilan khas Semarang yang harus kamu coba ketika sedang berlibur atau berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Selain terkenal dengan Lumpia, Tahu Gimbal dan Wingko Babad nya, Semarang masih punya Tahu Pong, camilan renyah dam gurih yang bisa kamu coba.

Tahu Pong yang menjadi camilan khas Semarang ini sudah ada sebelum zaman kemerdekaan Indonesia loh.

Dinamakan Tahu Pong karena tahu ini berbentuk potongan yang kecil-kecil lalu mengembang setelah diangkat dari penggorangan, lalu namu pong berasa dari istilah kopong berarti kosong atau tanpa isi.

Sesuai namanya, Tahu Pong memiliki tekstur tahu yang renyah yang dalamnya kosong tanpa isian.

Ada dua penjual Tahu Pong Semarang yang legendaris yakni Tahu Pong Karang Sari dan Tahu Pong Semarang yang terletak di Jalan Gajahmada

Tahu Pong Karangsaru menghidangkan tahu pong komplit dengan kombinasi pong dan emplek, gimbal urang, telur rebus atau gorengnya.

Tahu pong tersebut disajikan dengan ramuan saus cair kecap manis dengan pedas yang sedang, lalu dibubuhi dengan jeruk nipis yang sedikit agak kecut.

Sedangkan Tahu Pong Semarang yang berlokasi di Jalan Gajah Mada yang sudah dipegang generasi ke tiga ini memiliki menu yang sedikit berbeda.

Biasanya, tahu pong juga suka disajikan lengkap dengan gimbal atau udang tepung, telur ayam, kuah kecap encer, serta acar lobak.

Cara menyantap tahu pong mirip dengan penyajian makanan khas Palembang, pempek, yakni dengan dicocol pada kuah.

Untuk menu, sesuai namanya, kedai ini menyajikan menu-menu berbahan dasar tahu. Selain tahu pong ada juga tahu emplek, tahu emplek telur, tahu gimbal, tahu gimbal telur dan tahu kopyok telur.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved