Kendi Maling, Kerajinan Tanah Liat Unik yang Wajib Dibawa Pulang dari Lombok

Selain memiliki panorama alam yang eksotik, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) juga punya kerajinan tangan yang otentik.

TRIBUNTRAVEL.COM - Selain memiliki panorama alam yang eksotik, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) juga punya kerajinan  tangan yang otentik.

Nah jika Anda mengunjungi wilayah Indonesia Timur ini maka mengunjungi tempat kerajinan tangan di Desa Banyu Mulek Kecamatan Kediri, Lombok Barat jadi salah satu alternatifnya.

Di antara kerajinan tanah liat yang beragam, yang paling otentik di sini adalah kerajinan tangan berbahan tanah liat bernama Kendi Maling.

Lucu memang namanya. Tak hanya namanya, cara menggunakannya pun tak kalah unik. 

Menurut seorang penjual gerabah di UD Berkat Sabar bernama Susi, Kendi Maling merupakan teko dari tanah liat yang cara pengisiannya terbalik.

Jika biasanya air kendi diisi dari atas, maka ketika mengisi air di Kendi Maling caranya dibalik dan diisi dari bagian bawah.

"Dinamakan Kendi Maling karena kalau maling kan masuknya dari belakang," kisahnya saat Tribun Jogja menyambangi showroom gerabah UD Berkat Sabar saat acara Famtrip Journalist Mandalika yang digelar Kementerian Pariwisata Selasa (11/12/2018).

Satu kendi bisa diisi satu liter air.

Menurut Susi, setelah diisi air didiamkan semalaman.

Selain terkenal akan wisata alam, pulau Lombok juga memiliki sejumlah sentra kerajinan yang menarik untuk dikunjung. Satu diantaranya adalah sentra kerajinan gerabah di desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat dengan produk andalan
Selain terkenal akan wisata alam, pulau Lombok juga memiliki sejumlah sentra kerajinan yang menarik untuk dikunjung. Satu diantaranya adalah sentra kerajinan gerabah di desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat dengan produk andalan "kendi maling". (TRIBUNJOGJA.COM / Hamim Thohari)

Maka paginya rasanya adem dan lebih segar.

"Bisa menyembuhkan panas dalam juga," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber:
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved