5 Fakta Tersembunyi di Balik Kemegahan Candi Borobudur: Ada Relief Misterius hingga Kisah Manohara

Ingin tahu lebih banyak tentang sisi lain Candi Borobudur dan kisah yang jarang dipublikasikan? Beginilah lima fakta unik di antara kemegahan candi da

5 Fakta Tersembunyi di Balik Kemegahan Candi Borobudur: Ada Relief Misterius hingga Kisah Manohara
Rilis Booking.com
Candi Borobudur 

TRIBUNTRAVEL.COM - Candi Borobudur adalah situs Warisan Dunia (World Heritage) yang ditetapkan oleh UNESCO pada 1991. 

Kebesarannya diperkokoh tahun lalu (1 Oktober 2017) ketika UNESCO juga menetapkan arsip pemugaran Candi Borobudur (1973-1983) sebagai Memory of The World.

Bagi pariwisata Indonesia, Candi Borobudur adalah destinasi andalan kedua setelah Pulau Bali. Sebagai bangunan Buddhis terbesar di tanah air, pesona Candi Borobudur memang tiada duanya. 

Namun demikian, megahnya candi yang terbangun dari 2 juta blok batu andesit ini masih menyisakan fakta-fakta unik menarik yang jarang diketahui publik. 

 

Ingin tahu lebih banyak tentang sisi lain Candi Borobudur dan kisah yang jarang dipublikasikan? Beginilah lima fakta unik di antara kemegahan candi dari abad 9 Masehi itu.

1. Sedan Holden Kingswood

Mobil Holden Kingswood yang jadi kendaraan dinas Pimpro Pemugaran Candi Borobudur 1973-1983, Prof Dr Ir Soekmono di kompleks Balai Konservasi Borobudur
Mobil Holden Kingswood yang jadi kendaraan dinas Pimpro Pemugaran Candi Borobudur 1973-1983, Prof Dr Ir Soekmono di kompleks Balai Konservasi Borobudur (TRIBUNJOGJA.com | Setya Krisna Sumargo)

Sedan besar buatan perusahaan Australia berwarna hijau tentara ini terpajang di sisi selatan komplek Balai Konservasi Borobudur di dalam area candi. Pelat nomernya masih berwarna merah AA 9504 SB. 

Kondisinya sebagian sudah berkarat, cat bodinya mengelupas. Inilah kendaraan dinas yang dipakai Ir Soekmono, pemimpin proyek pemugaran Candi Borobudur pada 1973 hingga 1983. 

"Itu mobil yang dipakai pimpro pemugaran Borobudur, Ir Soekmono," kata Yudi Suhartono, Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Minggu (18/11/2018). 

Lokasi ini terbuka dikunjungi warga, tentu seizin pihak Balkon Borobudur yang satu lokasi dengan komplek Hotel Manohara. Mobil dinas itu dipajang sebagai bagian sejarah mahakarya konservasi Borobudur selama 10 tahun. 

Holden didirikan 1856 sebagai produsen pelana di Australia Selatan. Pada 1908, Holden berubah menjadi produsen mobil, sebelum akhirnya menjadi anak perusahaan dari General Motors (GM) pada 1931. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved