Tak Jera, Kapal Wisata Ini Kembali Buang Jangkar di Kawasan Terumbu Karang di Raja Ampat

Kapal wisata KM A dilaporkan membuang jangkar di kawasan dangkal terumbu karang yang merupakan satu tempat menyelam wisatawan.

Tak Jera, Kapal Wisata Ini Kembali Buang Jangkar di Kawasan Terumbu Karang di Raja Ampat
Stephanie Venables/Marine Megafauna Foundation/Mongabay
Perbandingan terumbu karang yang sehat (kiri) dengan yang rusak di perairan Raja Ampat. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kapal wisata KM A dilaporkan membuang jangkar di kawasan dangkal terumbu karang yang merupakan satu tempat menyelam wisatawan yang mengunjungi Kampung Arborek, Raja Ampat, Papua Barat.

Kapal wisata tersebut membuat kesal warga Kampung Arborek karena membuang jangkar di kawasan yang tidak seharusnya pada Selasa (6/11/2018) sehingga warga melaporkannya ke Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat Yohanes B Rahawarin membenarkan bahwa pihaknya telah mendapat laporan dari masyarakat Kampung Arborek disertai dengan dokumen foto kejadian tersebut.

Dini Indrawati Septiani, aktivis lingkungan yang bekerja di satu lembaga nonprofit internasional yang berpusat di Arlington, Amerika Serikat, mengaku sangat prihatin atas insiden rusaknya terumbu karang Raja Ampat. Padahal, Dini dan lembaga konservasinya sudah memiliki program proteksi terumbu karang di Raja Ampat selama lebih dari 13 tahun.
Dini Indrawati Septiani, aktivis lingkungan yang bekerja di satu lembaga nonprofit internasional yang berpusat di Arlington, Amerika Serikat, mengaku sangat prihatin atas insiden rusaknya terumbu karang Raja Ampat. Padahal, Dini dan lembaga konservasinya sudah memiliki program proteksi terumbu karang di Raja Ampat selama lebih dari 13 tahun. (Dok. Istimewa)

5 Penginapan Murah di Raja Ampat yang Cocok untuk Backpacker, Harga Mulai Rp 300 Ribuan

Dia mengatakan, pihaknya juga telah mendatangi masyarakat kampung Arborek dan berdiskusi tentang kejadian tersebut dan membahas regulasi yang akan dibuat agar tidak ada kapal membuang jangkar sembarangan di terumbu karang Kampung Arborek.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga berdiskusi dengan masyarakat Kampung Arborek menentukan kawasan yang kapal wisata bisa parkir dan buang jangka agar tidak merusak terumbu karang.

Pemandangan bawah laut di sekitar Dermaga Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (30/10/2016).
Pemandangan bawah laut di sekitar Dermaga Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (30/10/2016). (Dok. Dito/PT. Pelni)

5 Fakta Unik Raja Ampat yang Wajib Diketahui Sebelum Mengunjunginya

Menurut dia, menindaklanjuti laporan masyarakat Kampung Arborek Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat akan memanggil pihak kapal wisata untuk diberikan sanksi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Kapal wisata KM A sebelumnya tercatat telah melakukan pelanggaran kandas dan merusak karang di Pulau Gan Raja Ampat.

Nakhoda kapal tersebut sempat pula menjalani proses hukum.

4 Bandara Terbaru di Indonesia, Ada yang Baru Beroperasi Beberapa Bulan

Sering Menggunakan Earphone Selama Berkendara? Ini Bahaya yang Akan Kamu Dapatkan

Perbandingan Diskon Online Shop Selama Harbolnas 11.11, Mana yang Terbaik?

Harbolnas 11.11, Simak 5 Kelebihan Belanja Online Dibandingkan Belanja Langsung di Toko

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lagi, Kapal Wisata Buang Jangkar di Kawasan Terumbu Karang di Raja Ampat".

Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved