Menelusuri Tham Khoun Xe, Gua Bawah Tanah dengan Stalaktit dan Stalagmit Indah di Laos

Gua yang bernama Tham Khoun Xe terletak di Kota khammuanem gua ini mempunyai sungai yang sangat besar untuk dijelajahi di dalamnya.

Menelusuri Tham Khoun Xe, Gua Bawah Tanah dengan Stalaktit dan Stalagmit Indah di Laos
Instagram.com
Kolase Gua Tham Khoun Xe dari Akun @mentally_been_many_places, @laos_southeastasia dan @bagtravel.ir 

TRIBUNTRAVEL.COM - Laos mempunyai sebuah gua unik dengan pemandangan luar biasa yang harus dikunjungi oleh para pecinta wisata alam.

Gua yang bernama Tham Khoun Xe terletak di Kota khammuanem ini mempunyai sungai yang sangat besar untuk dijelajahi di dalamnya.

Sungai yang mengalir di Gua Tham Khoun Xe adalah satu sungai terbesar di dunia dengan panjang 120 meter dan lebar 200 meter.

Air sungai yang mengalir di Gua Tham Khoun Xe berasal dari sumber air Pegunungan Annam Trung Sun yang terletak di perbatasan antara Laos dan dan Vietnam.

Panduan Transportasi Menuju Laos dari Thailand Melalui Jalur Darat

Sementara itu, aliran sungai di Gua Tham Khoun Xe mengalir hingga ke sungai Nakhai Plateau yang menuju ke Sungai Mekong.

Gua Tham Khoun Xe pertama kali ditemukan pada 1904 oleh penjelajah asal Prancis.

Paul Marcey dan timnya dengan menggunakan rakit dari bambu mengeksplorasi Gua Tham Khoun Xe untuk mengetahui isi dalam gua tersebut.

Gua Tham Khoun Xe adalah gua dengan keindahan yang luar biasa dengan hiasan stalaktit dan stalagmit dengan tinggi lebih dari 12 meter yang menawan.

5 Hari di Laos, Yuk Simak Aktivitas Wisata Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Dilansir dari amusingplanet, sungai dalam gua Tham Khoun Xe sudah dikenal sejak lama oleh warga Laos, biasanya mereka pergi ke sungai tersebut untuk memancing.

Pada awalnya Gua Tham Khoun Xe tertutup bagi wisatawan karena keberadaannya yang tidak banyak diketahui, namun pada 2005 Pemerintah Laos meresmikan gua ini menjadi satu tempat wisata di Laos.

Saat kamu masuk ke gua, kamu akan dibuat kagum dengan pintu gua yang berasal dari lengkungan batu kapur dengan tinggi 60 meter.

Dijatuhi Lebih dari 2 Juta Bom oleh AS, Inilah 5 Fakta Menarik Laos

Sungai di dalam gua memiliki lebar 53 hingga 76 meter dengan kedalaman 4 hingga 12 meter, dihiasi dengan pemandangan yang indah dan juga perjalanan menyusuri sungai ini akan menjadikan pengalaman tersendiri bagi para petualang.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved