Gunung Kinabalu Masuk Daftar Pendakian Paling Menantang dan Luar Biasa di Dunia Versi Lonely Planet

Gunung Kinabalu, puncak tertinggi di Malaysia telah tercatat sebagai satu dari 50 gunung dengan jalur pendakian paling luar biasa di dunia.

Gunung Kinabalu Masuk Daftar Pendakian Paling Menantang dan Luar Biasa di Dunia Versi Lonely Planet
ShopBack
Gunung Kinabalu 

TRIBUNTRAVEL.COM - Gunung Kinabalu, puncak tertinggi di Malaysia telah tercatat sebagai satu dari 50 gunung dengan jalur pendakian paling luar biasa di dunia.

Ranking ini masuk dalam buku panduan terbaru Lonely Planet tentang hiking trails paling menantang di seluruh dunia.

Ialah 'Epic Hikers of the World' yang baru diterbitkan akhir Agustus lalu.

Ada 200 penulis Lonely Planet berkolaborasi di dalamnya untuk mengungkap 50 rute pendakian luar biasa di 30 negara.

Dikutip dari MailOnline via AsiaOne, Sabtu (13/10/2018), Gunung Kinabalu di Sabah layak disorot sebagai rute paling menegangkan di dunia.

borneodream.com
borneodream.com

Sebagai gunung tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Kinabalu punya hutan yang sangat rimbun, pegunungan granit dan dataran tandus.

Jalur pendakian menantang lain di Asia yang masuk dalam daftar adalah 88 Kuil Suci Shikoku di Jepang, Lembah Markha di India, Gubeikou ke Jinshanling di Tembok Besar China.

Di Afrika dan Timur Tengah, Lonely Planet memasukkan Cape Town Three Peaks di Afrika Selatan, Kilimanjaro di Tanzania, dan Camp to Camp di Zambia's South Luangwa National Park.

borneodream.com
borneodream.com

Sementara jalur hiking terbaik di Eropa diberikan kepada Backyard Wordsworth: Dove Cottage dan di sekitar Rydal dan Grasmere di Inggris, Rute Alpine Pass di Swiss dan Camino de Santiago di Spanyol.

Di Australia ada Sydney Seven Bridges Walk dan Routeburn Track di Selandia Baru yang terdaftar sebagai pendakian teratas di Oceania.

Gunung Kinabalu
Gunung Kinabalu (ShopBack)

Menjulang setinggi 4.095m atau 13.435 kaki di atas permukaan laut, Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di antara Himalaya dan New Guinea.

Gunung Kinabalu juga menjadi Situs Warisan Dunia Unesco pertama di Malaysia.

Gunung Kinabalu menjadi rumah bagi sekitar 6 ribu spesies tanaman, 326 spesies burung, dan lebih dari 100 spesies mamalia.

Banyak pendaki berpengalaman dari berbagai negara melakukan perjalanan ke Sabah secara khusus untuk mencapai puncak dan menjajal trek sulit Gunung Kinabalu.

TribunTravel.com/rizkytyas

Ikuti kami di
Penulis: Rizky Tyas Febriani
Editor: Rizky Tyas Febriani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help