Sempat Dikabarkan Erupsi dan Ganggu Aktivitas Penerbangan, Gunung Salak Punya 6 Fakta Unik Ini

PVMBG dan BMKG membantah kabar erupsi Gunung Salak yang beredar pada Rabu (10/10/2018) kemarin. Darwin VAAC juga meralat informasi tersebut.

Sempat Dikabarkan Erupsi dan Ganggu Aktivitas Penerbangan, Gunung Salak Punya 6 Fakta Unik Ini
bogorheritage.net
Gunung Salak 

TRIBUNTRAVEL.COM - PVMBG dan BMKG membantah informasi yang mengabarkan erupsi Gunung Salak yang sempat beredar pada Rabu (10/10/2018) kemarin. Yuk kenalan dengan beberapa hal unik tentang Gunung Salak.

Hari Rabu (10/10/2018) kemarin, beredar informasi yang mengabarkan Gunung Salak yang terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi mengalami Erupsi.

Hal tersebut bahkan sempat membuat otoritas Darwin Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) mengeluarkan informasi sebaran abu vulkanik di kawasan sekitar Gunung Salak, mengutip laman Kompas.com.

Meski begitu, tak lama Darwin VAAC meralat informasi tersebut dan menyatakan penerbangan masih aman.

Terkait informasi yang mengklaim Gunung Salak sedang mengalami erupsi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan hal itu tidak benar.

Berdasarkan pantauan visual, instrumentasi dan observasi lapangan, tidak ada aktivitas vulkanik yang menunjukkan adanya erupsi Gunung Salak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho juga mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Salak tidak meningkat.

Status Gunung Salak masih normal (Level I) dan tidak ada letusan atau tidak ada jatuhan/hujan abu vulkanik.

Serta maupun suara dentuman di wilayah Puncak Gunung atau sekitar lerengnya.

Sehingga masyarakat diimbau untuk tidak panik dan pihak BNPB akan terus memberikan informasi kepada seluruh pihak jika ada peningkatan status gunung api.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help