Inilah Pelopor Awal Rumah Makan Padang di Indonesia, Buka di Cirebon dengan Nama 'Gontjang Lidah'

Rumah Makan Padang merupakan sebuah bisnis yang menjual kuliner atau masakan khas Minangkabau, Sumatera Barat. Siapa sih sebenarnya pelopornya?

Inilah Pelopor Awal Rumah Makan Padang di Indonesia, Buka di Cirebon dengan Nama 'Gontjang Lidah'
money.id
Rumah Makan Padang 

TRIBUNTRAVEL.COM - Rumah Makan Padang merupakan sebuah bisnis rumah makan yang menjual ragam kuliner atau masakan khas Minangkabau, Sumatera Barat.

Rumah Makan Padang memiliki nama lain, seperti Warung Padang atau Restoran Padang.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, Restoran Padang juga banyak dibuka di Luar Negeri.

Seperti di Salero Kito (Melbourne), Upi Jaya (Queens New York), Salero Minang (Belanda), Padang Restaurant (San Li Tun, Beijing), Warung Padang Sejuta Rasa (London), dan Pondok Buyung (Sydney).

Ada di berbagai negara di dunia, ternyata rumah makan Padang dapat menyesuaikan dengan lidah di mana rumah makan ini berada.

Baru Dibuka di California Selatan, Kafe Bertema Hello Kitty Juga Ada di Jakarta Lho!

Rumah makan Padang
Rumah makan Padang (KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Filolog Universitas Leiden Belanda Surya Suryadi, berhasil melacak awal mula pemberian nama 'Restoran Padang'.

Ia menemukan historis-empiris, yaitu sebuah restoran Padang yang bernama PADANGSCH-RESTAURANT "Gontjang Lidah" di Cirebon, Jawa Barat.

Restoran yang diketahui sebagai pelopor Rumah Makan Padang ini dikelola oleh perantau asal Minang bernama B. Ismael Naim.

Usaha Rumah makan Padang ini hadir dalam berbagai tingkatan sosial, mulai dari pedagang kaki lima, rumah makan dengan target kalangan menengah, sampai restoran mewah.

Pemberian nama 'Rumah Makan Padang atau Restoran Padang' ini sebenarnya tidaklah tepat.

Karena kebanyakan pelaku bisnis Rumah makan Padang ini tidak hanya berasal dari kota Padang.

Tetapi justru banyak yang berada dari wilayah lain di Sumatera Barat, seperti Agam, Lima Puluh Kota, Padang Pariman, dan wilayah lain.

Setiap kepemilikan tersebut pastilah juga membawa ragam rasa yang agak berbeda dengan Rumah makan Padang asli dari tanah kelahirannya sendiri.

(TribunTravel.com/Ayu Miftakhul)

Ikuti kami di
Penulis: Ayu Miftakhul Husna
Editor: Sinta Agustina
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help