Sarankan Manado Jadi Hub Gorontalo, Menpar: Manado Itu Banyak Sekali Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung dan meyarankan Gorontalo untuk terus tingkatkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Sarankan Manado Jadi Hub Gorontalo, Menpar: Manado Itu Banyak Sekali Wisman
KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR
Sejumlah burung air mencari makan di pinggiran Danau Limboto. Kegiatan Asian Waterbird Census 2018 yang diikuti pengamat burung di Gorontalo menemukan peningkatan jumlah dan jenis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung dan meyarankan Gorontalo untuk terus tingkatkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

“Jadi salah satu taktik yang bisa digunakan Gorontalo itu menjadikan Sulawesi Utara sebagai hub-nya. Terutama Manado itu banyak sekali wisman (wisatawan mancanegara)-nya,” ujar Arief dalam dalam acara Lauching Calendar of Event Pesona Pariwisata Gorontalo 2018 di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (25/4/2018) malam.

Ia melanjutkan, tahun 2018 diperkirakan akan ada lebih dari 100 ribu wisman yang datang ke Manado.

Sementara diperkirakan wisman yang datang langsung ke Gorontalo hanya sekitar 8.000 orang.

“Maka taktik yang bagus jadikanlah Manado sebagai hub,” tegas Arief.

Caranya, lanjut dia, bisa dengan cara bekerjasama dengan travel agent untuk menjual paket wisata Manado dan Gorontalo untuk para wisman.

Bagi Arief, jika Gorontalo bisa menerapkan Manado sebagai hub, maka bisa lebih cepat meningkatkan kunjungan wisatawan terutama wisman.

“Kalau strategi itu digunakan maka bisa lebih cepat, tapi kalau sendiri tidak akan pernah bisa. Nah maka dari itu kita harus smart untuk jadikan Manado hub dan buat paket Manado Gorontalo satu paket,” jelas dia.

Menurut Arief, Gorontalo sangat kuat untuk menarik wisman dari China yang sangat menyukati obyek wisata alam, pantai dan wisata kuliner dan ini dimiliki Gorontalo.

Sebagai bagian dari unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilatas), untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mendapat saran sekaligus tantangan tersebut, Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie siap menerima tantangan dan mencoba hal tersebut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tingkatkan Wisman, Menpar Sarankan Manado jadi Hub untuk Gorontalo.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help