Home »

News

Siapa Saja, Termasuk Mariah Carey Boleh Konser di Candi Borobudur, Asal. . .

Borobudur Symphony 2018 yang menghadirkan diva pop internasional Mariah Carey disambut positif oleh warga dan seniman lokal sekitar Candi Borobudur.

Siapa Saja, Termasuk Mariah Carey Boleh Konser di Candi Borobudur, Asal. . .
exrentalcar.com
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Borobudur Symphony 2018 yang akan menghadirkan diva pop internasional Mariah Carey disambut positif oleh beberapa warga dan seniman lokal sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut mereka, Candi Borobudur adalah karya monumental nenek moyang yang layak disandingkan dengan karya seni/musik berkelas internasional.

Pagelaran atau pertunjukkan kelas internasional yang diadakan di Candi Borobudur akan memberikan nilai lebih.

"Saya melihat acara seperti itu memang harus sering digelar."

"Konser Mariah Carey ini jadi catatan penting, Borobudur memang layak menggelar pagelaran kelas dunia," ujar Umar Chusaini, Ketua Kelompok Seni Borobudur Indonesia (KSBI) 15, Senin (16/4/2018).

Sebagai pelaku seni, Umar mendukung pagelaran diva dengan range vokal hingga 5 oktaf itu dilaksanakan.

Namun, Umar mengingatkan harus ada kemasan aturan yang disesuaikan dengan Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia yang menjunjung tinggi nilai budaya itu sendiri.

Selain itu, penyelenggara juga perlu mempertimbangkan apakah semua peralatan, properti, dan hal-hal lain menyangkut teknis pagelaran berimbas pada eksistensi fisik Candi Borobudur.

"Kami di komunitas KSBI 15 mendukung acara tersebut, tapi dalam kemasan atau aturan harus diperhatikan, Candi Borobudur adalah heritage, bahkan sudah diakui dunia."

"Jadi penggunaan alat-alat elektronik modern itu berimbas tidak ke bangunan candi?" imbuhnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Sri Juliati
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help