Mau Menyelam di Bunaken? Kini Ada Aturan Baru, Turis Harus Terlibat Menanam Karang

Kerusakan karang yang telah terakumulasi dari tahun-ke tahun membuat Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB), memberlakukan himbauan keras bagi penyelam.

Mau Menyelam di Bunaken? Kini Ada Aturan Baru, Turis Harus Terlibat Menanam Karang
YouTube/Original Diving
Bunaken. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kerusakan karang yang telah terakumulasi dari tahun-ke tahun membuat Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB), memberlakukan himbauan keras bagi penyelam.

Kini para penyelam yang diving di perairan Bunaken, Manado, wajib ikut menanam karang.

Hal tersebut mulai digalakkan sejak keluar surat himbauan BTNB tertanggal 2 Maret 2018.

Dalam surat himbauan tersebut, tertulis "Dalam rangka meningkatkan tutupan terumbu karang dan kualitas aktivitas wisata menyelam, dihimbau agar para divers untuk berperan aktif menanam karang di Taman Nasional Bunaken pada saat menyelam."

Kepala BTNB Sulawesi Utara, Fariana saat dihubungi KompasTravel, Senin (19/3/2018) megatakan berharap adanya percepatan restorasi karang.

Selama ini masih jarang wisatawan masih yang terlibat untuk menanam karang.

"Wisatawan datang berjubel apalagi dari China, tapi kesadarannya belum banyak yang ikut melestarikan lingkungan, menanam terumbu karang, walaupun sudah ada beberapa," tuturnya.

Menurut Fariana, wisatawan sangat bisa untuk ikut andil dalam pelestarian lingkungan, terlebih jika dikemas dengan wisata konservasi.

Himbauan ini berlaku baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sayangnya selama ini pihak BTNB lebih sering mendengar keluhan kerusakan alam dari wisatawan, dibanding aktivitas kepedulian terhadap ekosistem laut.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved