79 M Sebelum Peristiwa Penting Kali Pertama Nyepi Ditetapkan Gerhana Matahari Total Terjadi

Akhir pekan mendatang, masyarakat pemeluk agama Hindu akan mereyakan Hari Raya Nyepi. Namun ada yang unik pad sejarah Nyepi.

79 M Sebelum Peristiwa Penting Kali Pertama Nyepi Ditetapkan Gerhana Matahari Total Terjadi
rumaysho.com
Gerhana bulan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Akhir pekan mendatang, masyarakat pemeluk agama Hindu akan mereyakan Hari Raya Nyepi.

Nyepi merupakan perayaan tahun baru saka bagi umat Hindu dan untuk tahun 2018 ini merupakan tahun saka 1940 yang jatuh pada hari Sabtu, 17 Maret 2018. 

Menurut Staf Pusat Kajian Lontar Universitas Udayana, Putu Eka Guna Yasa, Nyepi itu perayaan tahun Baru Saka yang dikaitkan dengan raja Kaniskha yang berasal dari India yang melakukan pertempuran ke berbagai wilayah.

“Setelah melakukan pertempuran-pertempuran itu beliau memutuskan tahun 79 M ditetapkan sebagai hari perdamaian. Itu secara mitologi yang ada di India yang kita warisi di Bali saat ini,” kata Guna. 

Ia juga mengatakan kalau dibandingkan dengan perayaan tahun Baru secara nasional saat 31 Desember ke-1 Januari biasanya dirayakan dengan euforia, kemewahan, tapi menariknya untuk merayakan tahun baru saka justru dengan menyepi.

Selain itu, dalam buku Siwa Smreti halaman 2, IBG Agastia menuliskan tanggal 22 Maret 79 ditetapkan oleh Raja Kaniskha sebagai tahun baru saka, atau tanggal 1 bulan 1, tahun 1 Saka.

Ida juga menuliskan, sehari sebelumnya, 21 Maret 79 terjadi peristiwa penting yaotu gerhana matahari total.

“Sebagaimana diketahui pada saat gerhana, matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Oleh karena itu gerhana matahari jatuh pada tilem (bulan mati) dan gerhana bulan jatuh pada purnama,” imbuhnya.

Oleh karena itu dapat dipastikan bahwa sehari sebelum tahun baru saka pertama adalah Tilem.

Lebih lanjut dikatakan penetapan tahun saka yang memperhatikan posisi bulan, bumi, dan matahari ini tetap diteruskan di Bali.

Hal ini menyebabkan tanggal 1 bulan 1 Saka senantiasa jatuh pada pananggal apisan bulan Waisaka (Kadasa), sehari setelah Tilem Caitra (kesanga).

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Sehari Sebelum Nyepi Pertama tahun 79 M Terjadi Gerhana Matahari Total

Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved