Home »

News

Gunung Es Seluas Kota Medan Patah dan Terlepas dari Glester di Antartika, Apa Bahayanya?

Para ilmuwan baru saja merilis animasi yang menggambarkan patahnya gunung es besar di Antartika yang seluas empat kali Kota Manhattan, AS. Bahayakah?

Gunung Es Seluas Kota Medan Patah dan Terlepas dari Glester di Antartika, Apa Bahayanya?
IST
Gunung es 

TRIBUNTRAVEL.COM - Semoga ini bukan awal sesuatu yang buruk terjadi.

Dilansir dari sciencealert.com, para ilmuwan baru saja merilis animasi yang menggambarkan patahnya gunung es besar di Antartika yang seluas empat kali Kota Manhattan, AS.

Sementara itu, bila di Indonesia, luas empat kali Kota Manhattan hampir setara dengan Medan yang luasnya 265.1 kilometer persegi.

Gunung es berukuran 267 kilometer persegi itu merupakan bagian dari Pine Island Glacie dan patah dari Gletser di Antartika Barat pada akhir bulan September lalu.

Sekarang, gunung es itu sudah patah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan diperkirakan hanyut di Samudera selatan sebelum mencair.

Seperti terlihat pada animasi yang diambil oleh satelit Copernicus Sentinel-1 dari European Space Agency, gunung es telah patah menjadi beberapa bagian sejak 26 September.

Proses gunung es terlepas dari gletser tersebut mungkin tidak biasa, tapi para ilmuwan mengatakan berbeda.

Mereka mengatakan ada tanda yang menghawatirkan.

“Apa yang kita saksikan di Pine Island Glacier ini mengkhawatirkan," jelas Robert Larter, ahli geofisika laut dari Survei Antartika Inggris.

Imuwan menjabarkan ada perubahan pola dalam proses lahirnya lapisan es.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sri Juliati
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help