Bukan Beijing, Inilah Kota Paling Macet di China! Berkendara di Sini Ga Lebih Cepat dari Keledai

Bukan Beijing, inilah kota dengan kemacetan paling parah di China. Naik motor di sini kalah cepat sama keledai.

Bukan Beijing, Inilah Kota Paling Macet di China! Berkendara di Sini Ga Lebih Cepat dari Keledai
thatsmags.com
Kemacetan parah di China 

TRIBUNTRAVEL.COM - Beberapa kota besar di China seperti Beijing atau Shanghai amat dikenal dengan kemacetan lalu lintasnya yang bisa membuat frustrasi.

Namun, kini Jinan dikenal dengan kemacetan lalu lintasnya yang paling buruk di China menurut pemeringkatan oleh AutoNavi, layanan penyedia navigasi milik Alibaba Group.

Untuk mengulas masalah ini, AutoNavi menghitung dan menganalisa data yang dikumpulkan dari perangkat yang dipasang di kendaraan yang mencatat kecepatan dan lokasi mereka.

Alhasil di jam sibuk, kecepatan rata-rata kendaraan bermotor di Kota Jinan adalah 20 kilometer per jam tak lebih cepat dari sebuah kereta yang ditarik keledai.

Kereta atau gerobak yang ditarik keledai masih banyak digunakan di perdesaan China dan bergerak dengan kecepatan rata-rata 9-15 kilometer per jam.

Di posisi kedua ditempati kota Harbin di wilayah timur laut dan ibu kota Beijing menempati posisi ketiga sebagai kota paling macet di China

Sementara itu, dari 100 kota yang diteliti, Hongkong malah "hanya" menduduki peringkat ke-51 kota paling macet di China dengan kecepatan di jam sibuk rata-rata 38 kilometer per jam.

Resep kemacetan Hongkong tak separah di Jinan karena infrastruktur transportasi publik yang baik serta jaringan jalan bebas hambatan yang cukup banyak.

Pertumbuhan ekonomi China yang pesat juga turut berkontribusi dengan kemacetan karena jumlah mobil kini semakin banyak.

China kini sudah melampaui Amerika Serikat dalam hal menjadi pasar terbesar penjualan mobil dengan mencapai 24,3 juta unit pada 2016.

Di masa depan kota-kota seperti Nanjing, Chonqing, dan Shenyang kemungkinan besar akan masuk ke dalam jajaran kota termacet di China.

Sementara itu, AutoNavi juga melaporkan, kondisi lalu lintas di kota-kota kelas tiga seperti Zhuhai, Foshan, Huizhou, dan Zhongshan juga terus memburuk.

Berita ini sudah dimuat di Kompas.com dengan judul Di Kota Ini Mobil Bergerak Tak Lebih Cepat dari Seekor Keledai

Ikuti kami di
Editor: Sri Juliati
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help