Yellowstone, Kawah Gunung Berapi Terluas yang Bisa Hancurkan Bumi Saat Meletus

Tahukah traveler mengenai Yellowstone yang ada di Amerika Serikat? Yellowstone adalah kawah gunung berapi yang sangat luas.

Yellowstone, Kawah Gunung Berapi Terluas yang Bisa Hancurkan Bumi Saat Meletus
cdn.suwalls.com
Danau ini dikenal dengan nama Grand Prismitic Spring yang merupakan bagian dari Yellowstone National Park, Wyoming. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Tahukah traveler mengenai Yellowstone yang ada di Amerika Serikat?

Yellowstone adalah kawah gunung berapi yang sangat luas.

Diduga sekitar 630.000 tahun yang lalu terjadi letusan yang sangat hebat di daerah tersebut dan menciptakan kaldera Yellowstone yang berbentuk mangkuk seluas 64 kilometer lebih.

Dari letusan tersebut, ada berbagai variasi dari Yellowstone seperti Old Faithfulyang paling terkenal, sungai Alpine, dan lain-lain.

Yellowstone kemudian menjadi Taman Nasional dan ramai dikunjungi sebagai tempat wisata yang menarik.

Namun ilmuwan yang bekerja di Taman Nasional Yellowstone mengatakan gunung api raksasa yang berada di bawah objek wisata mungkin akan meletus kembali.

Diperkirakan letusan berikutnya akan lebih kuat dan besar bahkan dapat menghancurkan kehidupan di planet bumi.

Menurut National Geographic, para peneliti dari Arizona State University menemukan perubahan suhu dan komposisi dari mineral dalam abu fosil letusan dasyat yang terbaru.

Padahal penelitian ini baru dilakukan beberapa dekade belakangan sedangkan para ahli geologi memperkirakan butuh waktu berabad-abad bagi supervolcano untuk bertransisi.

Dengan area seluas itu, nyatanya tanah di atas tempat magma di Yellowstone telah meluber mencapai 25 sentimeter dalam tujuh tahun.

Pakar vulkanisme, Bob Smith mengatakan hal ini adalah luar biasa karena mencakup area yang luas.

Para periset telah menetapkan bahwa supervolcano memiliki kemampuan untuk memuntahkan lebih dari 1.000 kilometer kubik bebatuan dan abu.

Peristiwa ini akan menyelimuti sebagian besar Amerika Serikat dalam abu dan tidak mustahil membalut bumi dengan abu vulkanik.

Meski mengejutkan, namun peneliti memperingatkan harus dilakukan banyak penelitian sebelum membuat kesimpulan yang pasti mengenai Yellowstone.

Berita ini telah dimuat di Intisari.grid.id dengan judul Supervolcano Yellowstone akan Meletus Kembali, Efeknya Bisa Hancurkan Kehidupan Penduduk Bumi

Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help