Wisata Bali - Bosan Riuhnya Denpasar, Yuk Melipir ke Batur Natural Hot Spring di Kawasan Kintamani

Bila sumpek dan stres di tengah hiruk pikuk kota dan segala rutinitasnya, kawasan daerah Kintamani, Bangli, Bali, bisa menjadi wisata alternatif.

Wisata Bali - Bosan Riuhnya Denpasar, Yuk Melipir ke Batur Natural Hot Spring di Kawasan Kintamani
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Batur Natural Hot Spring 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bila sumpek dan stres di tengah hiruk pikuk kota dan segala rutinitasnya, kawasan daerah Kintamani, Bangli, Bali, bisa menjadi wisata alternatif yang menyenangkan.

Di kaldera Gunung Batur, terdapat sebuah lokasi pemandian air panas yang patut dicoba. Namanya Batur Natural Hot Spring.

Di sana bisa sambil relaksasi, menikmati panorama danau dan pegunungan.

Pemandian ini memiliki lokasi yang unik dengan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Batur dan Gunung Abang.
Dan uniknya lagi, Batur Natural Hot Spring dikelola sepenuhnya oleh Desa Pakraman Batur, Kintamani, Bangli sejak 2008.

"Batur Natural Hot Spring ini murni dikelola oleh Desa Pakraman Batur. Masyarakat adat kami juga diberdayakan sebagai pegawai di tempat ini," ujar manager Batur Natural Hot Spring, I Wayan Ardika kepada Tribun Bali, Selasa (12/9/2017).

Ardika menjelaskan, ketika mulai mengembangkan wisata pemandian air panas ini hanya bisa membangun satu kolam kecil dan beberapa senderan.

Setelah membaca segmen pasar, tahun-tahun berikutnya mulai ditambah beberapa fasilitas pendukung seperti resto, gazebo, dan stage.

"Saat ini sudah ada 8 kolam pemandian. Tetapi, hanya 7 kolam saja yang dioperasikan karena satu kolam merupakan pasiraman pingit (dikeramatkan)," imbuh Ardika.

Sesuai dengan namanya, sumber air panas di pemandian ini diambil dari tepi Danau Batur.

Ada empat sumber air panas yang bentuknya menyerupai sumur, masing-masing sumber air memiliki panas yang berbeda, yaitu dari 40 hingga 45 derajat celcius.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help