Selain Bantu Bawa Barang Calon Penumpang, Inilah Tugas Airport Helper di Bandara Soekarno-Hatta

Selain tugas utamanya yang membantu mengangkut barang calon penumpang Bandara Soekarno-Hatta, airport helper dibekali tanggung jawab lain saat bekerja

Selain Bantu Bawa Barang Calon Penumpang, Inilah Tugas Airport Helper di Bandara Soekarno-Hatta
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA
Sejumlah petugas airport helper bekerja di area Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (2/9/2017). Para porter kini berubah menjadi airport helper dan pengumpul troli, sehingga mereka kini digaji dan tidak diperbolehkan menerima uang tip. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bidang kerja petugas airport helper di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta serupa dengan tugas porter yang sebelumnya berada di tiap bandara dan terminal.

Namun, selain tugas utamanya yang membantu mengangkut barang calon penumpang, airport helper dibekali tanggung jawab lain saat bekerja.

"Kami juga bisa bantu penumpang kalau ada yang sudah tua."

"Kami bantu sampai ke dalam area check in, seperti itu," kata seorang airport helper, Bagus di Terminal 1B pada Sabtu (2/9/2017).

Bagus menyampaikan, airport helper juga bisa diminta bantuannya apabila ada penumpang yang kewalahan karena membawa barang cukup banyak dan dalam ukuran besar.

Airport helper juga terbuka menerima pertanyaan dari pengguna jasa bandara seputar layanan dan fasilitas yang ada di area bandara.

"Kalau ada penumpang yang masih di bawah umur, kami bantu juga sampai proses check in, nanti selanjutnya ditemani sama orang airline," ujar Bagus.

Secara terpisah, Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo Nugroho menyampaikan, airport helper sekaligus sebagai pengumpul troli di area terminal.

Mereka membantu pengguna jasa bandara sama seperti porter, tetapi tidak diperbolehkan meminta bayaran atau menerima tip dari pengguna jasa.

"Airport helper berada di bawah naungan PT Angkasa Pura Solusi, anak usaha PT Angkasa Pura II dan digaji UMR (upah minimum regional) sehingga tidak boleh minta bayaran dan no tipping," ujar Pras.

Berita ini sudah dimuat di Kompas.com dengan judul Ini Tugas "Airport Helper" yang Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Ikuti kami di
Editor: Sri Juliati
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved