Dikenal Tertutup, Ternyata Korea Utara Punya Jalur Penerbangan Internasional di 2 Negara Ini

Sebagai negara komunis yang sangat tertutup Korea Utara sebenarnya tetap berusaha “hidup normal” seperti negara-negara lainnya.

Dikenal Tertutup, Ternyata Korea Utara Punya Jalur Penerbangan Internasional di 2 Negara Ini
Daily Mail
Maskapai penerbangan Korea Utara Air Koryo 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebagai negara komunis yang sangat tertutup Korea Utara sebenarnya tetap berusaha “hidup normal” seperti negara-negara lainnya.

Nyatanya, negara ini masih punya maskapai penerbangan dengan rute internasional.

Tapi maskapai penerbangan Korut yang dikelola oleh pemerintah secara absolut itu hanya satu: Air Koryo.

Sebagai maskapai penerbangan bersifat intenasional yang sekaligus mencerminkan Korut sebagai negara sangat tertutup jalur rute penerbangannya juga sangat terbatas, yakni ke Rusia dan China saja.

Jadi para wisatawan atau tamu negara yang akan berkunjung ke Korut harus terbang terlebih dahulu menuju Rusia atau China baru kemudian meneruskan penerbangannya ke Korut.

Untuk melayani jalur penerbangan internasional tapi sebenarnya bersifat terbatas itu, Air Koryo memiliki 15 pesawat komersil buatan Rusia.

Sebanyak 11 pesawat komersil Air Koryo yang terawat baik seperti Antonov, Ilyushin, dan Tupolev merupakan pesawat tua buatan Rusia pada tahun 1960.

Empat  pesawat lainnya produk tahun 90-an dan semuanya dalam kondisi laik terbang.

Di Korut pemandangan pesawat-pesawat tua baik untuk kepentingan komersil mau pun pesawat tempur merupakan “pemandangan biasa” dan pesawat-pesawat itu tampaknya juga baik-baik saja.

Hanya ada dua unit pesawat-pesawat komersil yang dimiliki oleh Air Koryo yang tergolong masih baru dan setaraf dengan pesawat-pesawat komersil di negara lainnya yang umumnya menggunakan produk Boeing  atau Airbus.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help