Disebut Pesawat Masa Depan, Boeing Akan Uji Pesawat Tanpa Pilot

Pesawat terbang identik dengan kru kabin, terutama pilot yang memainkan peran vital mengendalikan dan menerbangkan pesawat.

Disebut Pesawat Masa Depan, Boeing Akan Uji Pesawat Tanpa Pilot
boeing.com

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Rizkianingtyas Tiarasari

TRIBUNTRAVEL.COM - Pesawat terbang identik dengan kru kabin, terutama pilot yang memainkan peran vital mengendalikan dan menerbangkan pesawat.

Tapi kini dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, Boeing akan melakukan uji coba pesawat tanpa pilot dan serangkaian teknologi baru.

Dilansir dari laman dailymail.co.uk, pesawat jetliner ini sudah bisa lepas landas, terbang dan mendarat menggunakan komputer penerbangan onboard dan jumlah pilot di pesawat penumpang standar turun menjadi dua orang dari yang sebelumnya tiga.

(dailymail.co.uk)

Menurut Mike Sinnett, wakil presiden pengembangan produk Boeing, meskipun terdengar kurang masuk akal, tapi pesawat canggih ini telah meletakkan dasar teknologi masa depan.

Sinnett, yang juga seorang pilot, berencana menguji teknologi tersebut di simulator kokpit pada musim panas ini.

Dia mengatakan "di masa depan, terbang dengan pesawat akan ada kecerdasan buatan yang mengambil beberapa keputusan yang biasanya ditentukan oleh pilot."

Pesawat terbang tanpa pilot harus memenuhi standar keselamatan perjalanan udara, menurut Aviation Safety Network dalam sebuah briefing menjelang Airshow Paris.

Pesawat ini juga harus bisa meyakinkan regulator yang mengesahkan keamanan pesawat tersebut.

"Saya masih belum tahu bagaimana melakukan itu," kata Sinnett.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Sinta Agustina
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help