Home »

News

Gila! Ilmuan Asal Amerika Serikat Ini Punya Ide Dahsyat Kembalikan Es Arktik seperti Semula

Traveler mungkin sudah bosan membaca berita mengenai melelehnya es Arktik dan malapetaka yang dapat terjadi karenanya tanpa mengetahui solusinya.

Gila! Ilmuan Asal Amerika Serikat Ini Punya Ide Dahsyat Kembalikan Es Arktik seperti Semula
Huffington Post
Kepulauan Arktik 

TRIBUNTRAVEL.COM - Traveler mungkin sudah bosan membaca berita mengenai melelehnya es Arktik dan malapetaka yang dapat terjadi karenanya tanpa mengetahui solusinya.

Seorang ilmuwan yang mempelajari bulan dingin di luar tata surya baru saja mengajukan sebuah ide gila yang mungkin dapat mengembalikan es arktik seperti semula.

Ilmuwan tersebut adalah Steven Desch, seorang ilmuwan yang mempelajari planet di Arizona State University, Tempe, Amerika Serikat.

Menurut Desch, es adalah insulator panas yang baik sehingga ketika air membeku di bawah es yang mengapung, panas harus dilepaskan untuk keluar dari bawah es.

Akan tetapi, semakin tebal lapisan es, semakin sulit panas untuk keluar sehingga pembekuan pun melambat.

Menggunakan informasi di atas, dia pun mengusulkan untuk memperbaiki es Arktik dengan memompa air di bawahnya ke atas lapisan es ketika musim dingin.

Ketika air berada di atas es, dia akan membeku lebih cepat daripada di bawah.

Teknologi yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini pun tidak sulit, Desch berkata dia hanya membutuhkan kincir air seperti yang digunakan di berbagai pertanian dan peternakan.

Namun, jumlahnya tentu tidak hanya satu atau dua.

Dalam jurnal Earth’s Future edisi Januari, Desch dan timnya membayangkan meletakkan kincir angin di atas jutaan pelampung di seluruh Arktik pada musim dingin.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help